Daerah

Aneh! Jalan belum lama selesai dihotmix di Bagan Batu ini yang pecah ditambal menggunakan semen

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Aneh! Jalan belum lama selesai dihotmix di Bagan Batu ini yang pecah ditambal menggunakan semen
Bagan Batu - Menjadi tanda tanya karena terlihat aneh, perawatan Hotmix jalan Imam Munandar Kepenghuluan Bagan Batu kecamatan Bagan Sinembah kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang mengalami kerusakan dan belum genap 2 bulan dikerjakan, malah ditambal sulam dengan cara dicor semen.


Pantauan tim awak media di lokasi pada Rabu (13/2) siang, tampak beberapa pekerja sedang mengaduk coran semen, dan ada juga yang tampak meratakan adukan semen di jalan yang berlubang yang sebelumnya sudah dibersihkan.

Di titik lainnya yang juga akan diperbaiki, terdapat tumpukan semen dan pasir diduga untuk memperbaiki jalan tersebut.

Warga Bagan Batu yang juga Advokat LBH Keadilan, Irwansyah Putra Saragih SH semakin heran dengan perbaikan Hotmix tersebut. Sejatinya, coran semen tidak mengikat ke aspal dan sangat diragukan kekuatan coran semen tersebut.

"Ini aneh, baru kali ini perawatan pembangunan Hotmix ditempel semen. Jelas saja kita menduga pengerjaan Hotmix tersebut tidak benar," tegas Irwansyah.

Dan bahkan, lanjutnya lagi, aparat penegak hukum harus segera memeriksa pihak-pihak terkait atas pembangunan Hotmix tersebut. "Ini pakai uang rakyat, dan ini bukan delik aduan yang harus dilaporkan masyarakat baru ditindaklanjuti aparat penegak hukum. Kacau negara kalau seperti ini," ujarnya kesal.

Dia juga heran dengan yang dimaksud masa perawatan selama enam bulan usai pengerjaan Proyek tersebut. Sebab menurut Irwansyah, jika pekerjaannya tidak sesuai Bestek, tentu akan menguntungkan pihak rekanan yang hanya dengan dalih perawatan. "Apalagi hanya ditambal pakai Semen, apa memang seperti itu perawatan proyek Hotmix?" ujarnya penuh tanya.

Sementara, pihak Dinas PUPR, Musliadi saat dikonfirmasi melalui akun WA nya, mengatakan bahwa jalan Hotmix tersebut masih dalam masa pemeliharaan, "nanti diaspal lg bg (Nanti diaspal lagi bang, red), jawabnya singkat, Rabu (13/2) malam tadi.

Diketahui, pembangunan Hotmix tersebut menelan biaya dari APBD Kabupaten Rokan Hilir tahun 2018 senilai Rp 1.769.078.000,- yang dikerjakan oleh CV Hafiz Bersaudara dan dikerjakan pada pertengahan Desember 2018 lalu. (Budiman)
Penulis: Zanoer