Daerah

Antisipasi Karhutla, Bhabinkamtibmas Balai Jaya Gandeng PT Salim Ivomas Pratama Lakukan Simulasi Pemadaman

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Antisipasi Karhutla, Bhabinkamtibmas Balai Jaya Gandeng PT Salim Ivomas Pratama Lakukan Simulasi Pemadaman
Balai Jaya - Guna mencegah serta melakukan antisipasi terjadinya Karhutla di wilayah hukum Polsek Bagan Sinembah, Polsek Bagan Sinembah melalui Bhabinkamtibmas lakukan simulasi Pemadaman Karhutla gandeng pihak PT Perkebunan Salim Ivomas Pratama (SIP) Balai Jaya bersama Upika Kecamatan Balai Jaya, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau, Sabtu (6/7/2019).

Dalam kegiatan yang juga berkenaan dengan program Prioritas Kapolri Nomor VIII dan XI dengan Bangun Kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas dan Quick Wins di Kecamatan Balai Jaya dalam bentuk Kehadiran Polisi ditengah aktifitas masyarakat.

Kapolres Rohil, AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH yang dikonfirmasikan melalui Kapolsek Bagan Sinembah, Kompol H Asmar mengatakan bahwa giat yang dilakukan pada, Sabtu (6/7) pukul 10.00 Wib oleh Bhabinkamtibmas Kepenghuluan Balai Jaya, Aipda Sarmadan Siregar itu yakni melaksanakan giat simulasi pemadaman Karhutla bersama Upika Kecamatan Balai Jaya dan pihak Perkebunan Salim Ivomas Pratama.

Dikatakannya, pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan-pesan dan himbauan Kamtibmas. Apabila terjadi kebakaran lahan selalu kordinasi dengan Upika untuk mengantisipasi dan mengambil langkah langkah untuk tidak meluasnya kebakaran tersebut

"Ya, agar khususnya masyarakat Kecamatan Balai Jaya sadar dan tidak melakukan pembakaran apabila membuka lahan terutama di daerah tanah gambut. Karena sangsi hukumnya sangat berat dan selain itu juga dapat terjadinya polusi udara yang merusak kesehatan, kemudian agar ikut serta menciptakan Kamtibmas di lingkungan, stop segala bentuk pungli dan jadilah Polisi terhadap diri sendiri dan jangan main hakim sendiri," pesan Kapolsek di ruangannya.

Imbuhnya kembali, masyarakat diminta untuk bijak menggunakan media sosial (medsos), tidak menyebarkan dan memposting berita-berita yang tidak jelas kebenarannya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan, "karena dapat merugikan orang lain dan melanggar UU ITE No. 19 tahun 2016," imbuhnya menjelaskan.

Lalu, kata Kapolsek Bagan Sinembah ini lagi, masyarakat diminta untuk menjauhi dan ikut serta memberantas Narkoba serta apabila ada orang asing atau dicurigai di lingkungan sekitarnya agar segera melaporkan ke Kantor Polisi terdekat/Bhabinkamtibmas. "Mari perkokoh silaturahmi, jaga persatuan kesatuan, jangan mudah terpecah belah," himbaunya.

Masih Kapolsek Bagan Sinembah, bagi orang tua, kiranya terhadap generasi muda, agar
serta lebih peka tergadap pengawasan putra/putrinya untuk menghindari terjadinya penculikan terhadap anak-anak, lalu tetap waspada terjadinya 3 C (Curat, Curas, dan Curanmor) di wilayah masing masing.

H Asmar berharap dari giat yang dilakukan ini membuahkan hasil guna meningkatkan Public Trust dengan hadirnya Polri berpakaian dinas di tengah-tengah masyarakat untuk lebih dicintai dan di sayangi oleh masyarakat. "Kita berharap agar tetciptanya hubungan yang harmonis serta menjalin silaturahmi dan terciptanya Kamtibmas yang kondusif," sebut H Asmar berharap. (Budiman)
Penulis: Zanoer

loading...