Daerah

Asap Kembali Menebal, Selain Bagi-Bagi Masker, Upika Dirikan Posko Krisis Dampak Asap


Asap Kembali Menebal, Selain Bagi-Bagi Masker, Upika Dirikan Posko Krisis Dampak Asap

Bagan Batu, Pesisirnews.com - Bencana asap ini juga seolah tidak dapat lagi untuk dihindarkan. Pasalnya, walaupun sempat menghilang dalam beberapa hari terakhir, namun kini kabut asap pekat kembali menyelimuti daerah Bagan Batu dam sekitarnya.


Dan oleh sebab itu, pihak Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Bagan Sinembah kembali melakukan pembagian masker gratis kepada masyarakat, khususnya pelajar yang melintas diruas jalan.


Bahkan selain membagi-bagikan masker, Upika Bagan Sinembah bersama dengan Puskesmas Bagan Batu juga mendirikan posko yang diberi nama ' Posko Krisis Kesehatan Akibat Dampak Asap '.


Camat Bagan Sinembah, Sakinah SSTP Msi kepada Pesisirnews.com, Rabu (18/9) mengatakan, bahwa berdirinya posko krisis tersebut adalah merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah kecamatan Bagan Sinembah akan musibah kabut asap yang tengah terjadi.


"Intinya, jika memang ada warga masyarakat yang mengeluhkan kesehatannya yang disebabkan oleh karena asap, maka sebaiknya segera kunjungi posko krisis asap. Dan inilah tujuan kami dari Upika dan lintas sektoral di kecamatan Bagan Sinembah mendirikan posko krisis asap ini," kata Sakinah.


Oleh karena itu dirinya juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak memaksakan diri keluar rumah disaat kondisi cuaca diselimuti kabut asap. "Tolong untuk saat ini jikalau tidak merasa penting untuk keluar rumah, maka jangan keluar rumah. Karena kabut semakin tebal, apalagi membawa anak. Dan jika memang harus keluar rumah, jangan lupa pakai masker, " himbau Sakinah.


Menurutnya, kabut asap yang menyelimuti daerah kecamatan Bagan Sinembah khususnya adalah merupakan kabut asap kiriman dan ini memang tidak dapat dielakkan lagi.


"Ini musibah bersama namanya yang tidak dapat lagi terelakkan. Oleh karena itu, kita jangan saling menyalahkan apalagi menghujat. Karena pemerintah setiap saat selalu berusaha melakukan yang terbaik bagi rakyatnya," terang Sakinah.


Dan jika memang ada oknum yang telah melakukan pembakaran, Sakinah juga meminta kepada seluruh warga masyarakat agar dapat melaporkan. "Jika memang ada oknum yang dengan sengaja membakar lahan mari kita serahkan kepada penegak hukum," kata Sakinah.


Dan satu hal lagi, Sakinah juga mengajak kepada seluruh warga untuk sama-sama menjaga lingkungan. "Untuk itu mari kita doakan semoga bencana ini cepat berlalu dan mari kita bergandeng tangan dalam menyikapi aksi perusakan lingkungan ini secara bersama-sama, "ajak Sakinah. (Budiman)

Penulis: admin