Bupati HM Wardan Resmikan BUMDes Sekecamatan Mandah,di Pantai Solop

Pesisirnews.com Selasa, 08 Oktober 2019 16:53 WIB
Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan meresmikan pengukuhan pengurusan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Se-kacamatan Mandah yang berlokasi di Pantai Solop Desa Pulau Cawan. Selasa 8/10/19.

"Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat menjadi wadah pengembangan perekonomian masyarakat desa, Pernyataan ini disampaikan Bupati Inhil HM Wardan saat peresmian."

Pelantikan Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Se-kecamatan Mandah, dihadiri Bulati Inhil HM Wardan, Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Junaidi, Kadis Perkebunan, Kapolsek Mandah Serta Seluruh Kades Se-kecamatan mandah dan Masyarakat dan para tamu undangan.

"HM. Wardan dalam Sabutannya mengatakan, keberadaan BumDes sangat mendukung pemerintahan desa dalam upaya menjadi sumber pendapatan desa."

Diharapkan, keberadaan BUMDes di kecamatan mandah ini kedepannya dapat berkembang dan menjadi wadah pengembangan ekonomi desa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," harapnya.

Pengembangan BUMDes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa.

"BUMDes menjadi tulang punggung perekonomian pemerintahan desa guna mencapai peningkatan kesejahteraan warganya," imbuhnya.

BUMDes, Dorong Ekonomi, Ekplorasi Potensi

Pada kesempatan itu Sebanyak 80 Pengurus dan Pengawas BUMDes se-kecamatan mandah, Dilantik Secara Resmi oleh Bupati Inhil, HM Wardan.

"Janaidi Camat Mandah Juga Menyampaikan, BUMDes adalah suatu wadah bagi Desa untuk meningkatkan geliat aktifitas ekonomi. Banyak sekali potensi - potensi yang belum dioptimalkan di Desa - Desa. Sayang seklai rasanya kalau potensi itu tidak di eksplore dan direalisasikan menjadi benefit Desa," ungkapnya.

Tambah Ketua APDESI Kecamatan Mandah Said Khairul Hanafiah, agar BUMDes yang ada menjadi sebuah badan uaaha yang mandiri. Seluruh elemen Desa diharapkan dapat bersinergi memberikan dukungan atas eksistensi BUMDes di Desa.

"Saya meyakini, kehadiran BUMDes juga akan dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat di Desa tersebut. Bahkan, dari usaha - usaha yang dinaungi BUMDes akan dapat meng - cover dan berkontribusi terhadap sejumlah kegiatan pembangunan di kawasan perdesaan yang bersangkutan," papar Said Khairul Hanafiah yang juga sebagai kades Pulau Cawan.

Dengan segala manfaat keberadaan BUMDes, FM BUMDes Program DMIJ Plus Kecamatan Mandah Rendi Manulang, menganjurkan kepada setiap Desa untuk dapat juga melakukan terobosan - trobosan baru dalam pengelolaan BUMDes di masing - masing Desa agar timbuh perputaran ekonomi masyarakat perdesaan. Tutupnya.(***).
loading...
Tags Pemkab InhilRohul
COFFE MORNING DAN PELATIHAN JURNALISTIK YANG DITAJA IWO INHIL,DI HADIRI BUPATI HM WARDAN TGL 29/10/2019 DI HOTEL ARRAHMAN TEMBILAHAN

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments