Daerah

Empat Hari Pertama Tahun 2019, Sudah 41 Hektare Lahan di Riau Hangus Terbakar

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Empat Hari Pertama Tahun 2019, Sudah 41 Hektare Lahan di Riau Hangus Terbakar

Kebakaran lahan muncul di Pekanbaru. (Foto:Kompas.com

PEKANBARU-Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau masih terus berlangsung, terjadi sejak awal tahun 2019 ini. Karhutla tengah berlangsung di Kabupaten Rokan hilir dan Dumai dengan total luas lahan terbakar mencapai 41 hektare.


"Upaya pemadaman terus dilakukan petugas gabungan," kata Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, Sabtu (5/1/2019) di Pekanbaru.


Kebakaran lahan itu terjadi sejak Rabu lalu dan sampai hari ini masih belum berhasil dipadamkan. Kondisi tersebut disebabkan kencangnya tiupan angin, sehingga api dengan mudah meluas.


Selain itu, menurut Edwar, sedikitnya sumber air dilokasi lahan yang terbakar telah membuat petugas kewalahan dalan memadamkan api. "Tak hanya itu, lahan yang terbakar tersebut merupakan tanah gambut sehingga untuk memadamkan sumber api memakan waktu yang cukup lama dan juga mengeluarkan asap," katanya.


Kebakaran lahan terjadi di Riau sejak tanggal 2 Januari 2019. Sejauh ini 41 hektar lahan ludes terbakar. Sejak empat hari lalu, luas lahan yang terbakar di Kabupaten Rokan Hilir dan Dumai telah mencapai 41 hektare.


Lahan terbakar terdiri dari 40 hektare di Dusun Mamugo, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir dan satu hektare di Jalan Sunan Kalijaga, Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai.


"Pemadaman telah dilakukan selama empat hari ini dan saat ini petugas gabungan dari TNI, Polri, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api dan dibantu RPK dari sejumlah perusahaan masih berupaya memadamkan api dilokasi yang masih terbakar," kata Edwar.


Sebelumnya, kebakaran lahan juga terjadi di Pekanbaru dan menghanguskan lahan hampir satu hektare.(*)

Penulis: Zanoer

Sumber: Tribunpekanbaru

loading...