Daerah

Hasil Swab Seluruh PDP Rohil Negatif

Budi Budi
Hasil Swab Seluruh PDP Rohil Negatif
Bagan Siapiapi


Pesisirnews.com - Kecemasan masyarakat serta tim gugus tugas covid-19 Rokan Hilir akhirnya sirna. Hal ini seiring dengan keluarnya hasil swab satu orang yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Dimana hasil swab PDP yang dirawat di RSUD dr Pratomo Bagan Siapiapi tersebut dinyatakan negatif.


Demikian diungkapkan oleh Juru Bicara (Jubir) Percepatan Penanganan Covid-19 Rohil, H Ahmad Yusuf Ssos MH dalam konferensi pers, Jumat (01/5/2020) di media center.


"Alhamdulillah, tadi malam swab satu pasien PDP kita yang dirawat RS dr Pratomo sudah kita terima dan hasilnya terkonfirmasi negatif. Bahkan pasien tersebut akan dipulangkan pada hari ini," ujar Ahmad Yusuf.


Dengan demikian, lanjutnya lagi Pasien dalam pengawasan (PDP) secara komulatif tetap bertahan dalam sepekan terakhir ini, yakni berjumlah 18 orang. "Terdiri dari 13 orang sudah dinyatakan sembuh dan pulang karena hasil swabnya negatif. Dan 4 orang PDP meninggal dunia juga semua hasil swab nya negatif," terang Yusuf.


Artinya, menurut Jubir lagi sampai sejauh ini Kabupaten Rokan Hilir belum ada ditemukan yang positif. "Semua PDP Rohil yang berjumlah 18 orang hasil swab nya negatif dan bersyukur kita karena tidak ada satu pun positif," tegas Ahmad Yusuf lagi.


Sementara angka keseluruhan Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun yang selesai masa pemantauan di Kabupaten Rokan Hilir mencapai angka komulatif sebanyak 6176 orang atau mengalami kenaikan dibandingkan sehari sebelumnya, yakni 6074 orang.


"Dimana yang habis masa pemantauan berjumlah 4278 orang dan sehingga yang masih dalam pemantauan atau ODP pada saat ini berjumlah 1898 orang," terangnya.


Ahmad Yusuf juga menyampaikan, bahwa sebaran ODP di tiap kecamatan atau tiap wilayah kerja Puskesmas setiap harinya selalu mengalami peningkatan.


Dengan demikian, sampai sejauh ini Kabupaten Rokan Hilir masih berstatus zona hijau yang menurutnya adalah berkat doa dan kerja keras semua pihak. "Terutama Pemkab Rohil melalui gugus tugas, media dan semua elemen yang ada sesuai dengan peran fungsinya masing-masing," tegas Ahmad Yusuf.


Oleh karena itu dirinya berharap agar kondisi ini dapat terus dipertahankan dengan tetap meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian dengan cara melaksanakan anjuran pemerintah.


"Agar tetap social distancing, physical distancing, stay at home dan jika terpaksa keluar rumah wajib menggunakan masker, jaga jarak, selalu mencuci tangan dengan sabun, konsumsi makanan dgn gizi yg seimbang terutama yg mengandung vit C dan vit E seperti buah dan sayur," harap Yusuf.(BudiMan)

Penulis: BudiMan

Editor: BudiMan