Daerah

Helmi Botutihe Dinilai Pantas Diduki Jabatan Karateker Bupati Halsel


Helmi Botutihe Dinilai Pantas Diduki Jabatan Karateker Bupati Halsel
Helmi Surya Botutihe
PESISIRNEWS.COM, LABUHA- Masa jabatan bupati Halmahera Selatan (Halsel) DR. Muhammad Kasuba resmi berakhir tanggal 17 Januari 2016, kemarin,  dan yang menggantikan Posisinya  sebagai carateker atau penjabat bupati Halsel adalah Sekda Halsel Helmi Surya Botutihe.

Helmi Surya Botutihe kini menjabat sebagai Bupati Halsel demikian disampaikan Kabag Humas dan Prokoler Setda Halsel Fahri Nahar dikonfirmasi pekan kemarin. Ia mengatakan hingga saat ini Pemda Halsel belum mendapatkan informasi terkait siapa nama-nama yang diusulkan Gubernur Malut untuk menjadi karateker Bupati Halsel.

“Usulan karateker Bupati itu menjadi kewenangan Gubernur, dan hingga kini pihaknya belum mendapatkan informasi berapa nama yang akan diusulkan sebagai Pejabat Bupati Halsel,” tandasnya.

Berdaskan ketentuan, penjabat atau carateker bupati atau walikota harus diambil dari PNS yang menduduki jabatan esalon II ditingkat Provinsi. “Dan itu menjadi kewenangan Gubernur untuk mengusulkan ke Mendagri, Kita juga belum mendapatkan informasi itu, apakah Sekda Halsel Helmi Surya Botutihe yang akan tetap di usulkan sebagai Pejabat Bupati Halsel ataukah Sekda Halsel hanya menjalankan tugasnya sebagai plh Bupati Halsel ,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Lembaga Suwadaya Masyarakat (LSM) Sentral Pemberdayaan Masyarakat Desa pesisir (SPMDP) Kabupaten Halsel, Idhar Samiun Kepada pesisirnews.com, selasa (19/01) kemarin melalui saluran teleponnya mengatakan, pihaknya berharap kepada Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba agar tidak lagi mengusulkan nama lain selain dari Sekda Halsel Helmi Surya Botutihe sebagai Karteker Bupati Halsel.

Mengingat Sekda Halsel Helmi surya Botutihe memiliki pengalaman Birokrasi yang cukup selain memiliki pengalaman birokrasi yang memadai yang  bersangkutan Sekda Halsel Helmi Surya botutihe juga sudah memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat halsel selama dua periode sejak yang bersankutan masih menjadi Staf bupati Halsel Muhamad Kasuba jadi sangat tepat jika Gubernur mengusulkan Sekda Halsel Helmi Surya Botutihe sebagai Bupati Halsel. tutupnya. (AA)
Penulis: