Jujung tinggi Transpransi desa Hutan ayu Pasang Baleho APBDes 2019

Zanoer Rabu, 28 Agustus 2019 17:52 WIB
Rupat Utara- Salah satu desa di wilayah perbatasan degan negara luar , dua tahun terakhir melakukan pemasangan baliho Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di depan kantor desa. Hal itu dilakukan untuk menunjukkan transparansi pengelolaan APBDes kepada masyarakat.

Dalam baliho berukuran besar yang dipasang di depan kantor Desa Hutan Ayu, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, dituangkan secara rinci soal besaran dan sumber pendapatan, pembiayaan serta belanja desa selama 2019.

Kepala Desa Hutan Ayu, Petrus S.H ketika dikonfirmasi awak media, Rabu (28/8/2019) mengatakan, pemasangan baliho pengelolaan APBDes ini dilakukan sejak dua tahun anggaran terakhir. Pemasangan baliho ini dilakukan sesuai dengan amanat perundang-undangan dan anjuran Bupati Bengkalis, agar masyarakat ikut mengawal dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD) yang lebih dari 1 miliar.

"Dengan dipasang baliho, masyarakat bisa langsung memantau pembangunan desa dan ikut mengawal," kata Petrus.

Petrus berharap, dengan adanya transparansi anggaran yang dikelola desa, masyarakat juga mendapat edukasi akan pentingnya kejujuran dan keterbukaan. Sebab, secara tidak langsung hal itu sangat mendidik masyarakat lebih aktif dan peduli terhadap desanya.

"Harapannya, dengan kepercayaan masyarakat bisa mendukung pembangunan di Desa Hutan ayu di tahun anggaran 2019 ini,"

Terpisah, dipaparkan salah satu pendamping dana desa Amin dari program P3MD , mengtakan baliho yang dipasang tersebut, pemerintah desa mencantumkan semua sumber pendapatan Desa diantaranya dari Pendapatan Asli Desa (PADes), Bagi hasil pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), Bantuan Keuangan Desa (BKU), Bantuan Provinsi (Banvrop) Dan lain-lain, ia juga menyebut, tindakan tahun Sebelumnya serta besaran Belanja Desa ini selalu di muat dalam baliho tersebut secara terperinci.

"Saya yakin, apa yang di lakukan pemdes Hutan Ayu sudah tepat, dan tujuannya supaya masyarakat bisa tahu sejauh mana pengelolaan anggaran di Desa. Ini sebagai wujud tranparansi kepada masyarakat, "Jelasnya. ( Budi)
loading...
Tags peristiwapolisi
COFFE MORNING DAN PELATIHAN JURNALISTIK YANG DITAJA IWO INHIL,DI HADIRI BUPATI HM WARDAN TGL 29/10/2019 DI HOTEL ARRAHMAN TEMBILAHAN

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments