• Home
  • Daerah
  • Kapolres Inhil:Soal Karlahut Di Kab Inhil Harus Di Evaluasi

Kapolres Inhil:Soal Karlahut Di Kab Inhil Harus Di Evaluasi

Pesisirnews.com Sabtu, 12 Oktober 2019 19:34 WIB

Ket foto Kapolres Inhil dan Kepala BPBD Kan inhil

PESISIRNEWS.COM-Kapolres Indragiri Hilir, AKBP Indra Duaman menilai peralatan dan penangan Kebakaran Hutan dan Lahan khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir harus dievalusi.

Indra menyebutkan peristiwa kebakaran hutan dan lahan di Riau khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir menjadi peristiwa musiman yang harus dipelajari dan dicarikan solusi agar tidak terjadi lagi.

"Pertama kita mencoba ingin melihat peralatan yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir, apakah kesediaannya sudah betul-betul dianggap mampu untuk menangani karhutla, jika sekiranya belum maka kami akan jadikan catatan masukan agar segera diadakan, contoh alat pemadam di setiap kecamatan, apakah sudah ada ?, itu akan kami cek, kalau perlu di setiap desa malah yang punya," jelasnya.

Indra Duaman menjelaskan apabila peralatan sudah mencukupi, ia meminta kepada pemerintah agar melakukan perawatan alat tersebut supaya ketika saat digunakan nantinya bisa berfungsi dan tidak payah mencari lagi.

"Nanti akan kami cek kesedian alat yang ada, jika sudah ada kita pinta perawatannya dilakukan secara serius. Jangan setelah api padam alat terbangkalai, pas kebakaran jadi repot. Jadi disimpan baik-baik dan siap sedia ketika diperlukan," sebutnya.

Selain peralatan yang akan disarankan untuk dievaluasi, Kapolres Inhil juga menyarankan agar tenaga pemadam ditambah dengan diperbantukan dari masyarakat yang peduli terhadap karhutla.

"Diharapakn setiap desa membentuk tim relawan pemadan api karhutla yang nantinya akan dilatih, jadi apabila Kebakaran Hutan dan Lahan terjadi segalanya kita sudah punya, baik peralatan dan juga tenaganya. Dengan kesiapan seperti ini saya optimis kebakaran tidak akan membesar dan asap tidak menggangu udara," jelasnya.(rls).
Tags Pemkab InhilPresiden

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments