• Home
  • Daerah
  • Kampar
  • Kapolres Kampar Mobilisasi Bhabinkamtibmas Lakukan Pendinginan Bekas Karlahut

Kapolres Kampar Mobilisasi Bhabinkamtibmas Lakukan Pendinginan Bekas Karlahut

admin Kamis, 29 Agustus 2019 22:50 WIB
Kampar, Pesisirnews.com - Dipimpin langsung Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK, MH, sekitar seratus anggota Bhabinkamtibmas lakukan pendinginan lokasi bekas Karlahut di wilayah Dusun II Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang pada Kamis siang (29/8/2019).

Kegiatan ini diawali dengan apel persiapan yang digelar pada pukul 09.00 wib di Halaman Mapolres Kampar, yang diikuti Pejabat Utama Polres, Para Kapolsek dan seluruh Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Kampar dengan jumlah yang hadir sebanyak 104 personel.

Pada kesempatan ini Kapolres Kampar menyampaikan arahan ( APP ) kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas yang akan melakukan pendinginan lokasi bekas Karlahut di wilayah Rimbo Panjang.

Disampaikan Kapolres bahwa hari ini kita akan melakukan pendinginan secara bersama, di lokasi bekas Karlahut wilayah Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang yang masih mengeluarkan asap.

Dilokasi bekas Karlahut ini telah dibuatkan 10 sumur bor sebagai sumber air untuk pendinginan, dan para personel akan dibagi dalam 10 kelompok sesuai dengan lokasi sumur bor.

Selain itu telah disiapkan mesin pompa air (Robin) sebanyak 13 unit yang dipinjam dari perusahaan dan ditambah 5 unit mesin pompa air lainnya yang ada di Polsek Tambang.

Diharapkan hari ini dapat dimaksimalkan upaya penanganan Karlahut di wilayah Desa Rimbo Panjang ini hingga tuntas, jelas Kapolres.

Untuk personel yang bertugas agar menggunakan masker serta utamakan keselamatan dalam pelaksanaan tugasnya, dan masing-masing kelompok akan didampingi satu anggota Polsek Tambang sebagai penunjuk jalan menuju lokasi bekas Karlahut untuk pendinginan ini.

Apel persiapan selesai pada pukul 10.00 wib dan selanjutnya dipimpin Kapolres Kampar para Bhabinkamtibmas ini langsung menuju lokasi bekas Karlahut di wilayah Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang.

Sesampai dilokasi bekas Karlahut wilayah Dusun II Desa Rimbo Panjang ini, sesuai rencana semula para Bhabinkamtibmas jajaran Polres Kampar ini langsung melakukan penyiraman pada lahan bekas kebakaran ini.

Saat ini di areal bekas kebakaran yang merupakan lahan gambut ini sudah tidak ada titik api, namun disebagian lokasi masih mengeluarkan asap karena kemungkinan belum tuntasnya pemadaman api dibawah permukaan tanah.

Dengan memanfaatkan sejumlah mesin pompa air pada lokasi-lokasi sumur bor yang berada dekat kawasan ini, para Bhabinkamtibmas ini dipimpin Kapolres Kampar menyiram titik-titik lokasi yang masih mengeluarkan asap.

Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK, MH saat dikonfirmasi terkait kegiatan ini menyampaikan, bahwa mobilisasi Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Kampar ini untuk menuntaskan upaya penanganan Karlahut di wilayah Dusun II Desa Rimbo Panjang yang cukup sulit.

Kita ketahui bahwa lokasi ini cukup sulit dijangkau karena tidak bisa dilalui kendaraan roda 4 atau lebih sehingga harus ditempuh dengan motor atau berjalan kaki, peralatan yang digunakanpun juga harus menyesuaikan disamping sulitnya sumber air untuk pemadaman di lokasi ini.

Kita bersyukur beberapa hari terakhir telah mulai turun hujan yang sangat membantu dalam memadamkan titik-titik api yang ada, dan berharap musim kemarau ini segera berakhir, harap Kapolres.

Pada kesempatan ini Kapolres Kampar juga menghimbau seluruh lapisan masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran saat membersihkan lahan karena berdampak buruk bagi lingkungan dan merugikan orang banyak, selain itu perbuatan membakar lahan ini juga diancam dengan pidana berat, jelas Kapolres.(wan)
Tags BengkalisDumaiInhuKamparKuansingMerantiPekanbaruPelalawanRiauRohilRohulSiakinhil

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments