Daerah

Kunjungan Kerja DPD RI ke Kota Sibolga


Kunjungan Kerja DPD RI ke Kota Sibolga
pesisir

SIBOLGA, PESISIRNEWS.COM - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI), Ir.Irman Gusman SE.M.BA melakukan serangkaian kegiatan dalam agenda kunjungan kerja di Kab. Tapteng dan Kota Sibolga, pada minggu (20/12/2015). Salah satu agenda utama kunker ialah peletakan batu pertama pembangunan bendungan Sitangkurak yang meliputi 3 Kecamatan, yaitu, Kec. Andam Dewi, Kec. Barus, Kec. Barus Utara. “Diharapkan pembangunan bendungan dapat selesai dalam 2 tahun, dimana dengan adanya bendungan ini maka permasalahan irigasi pertanian yang mencapai lebih dari 3.000 Ha akan teratasi, dengan begitu diharapakan kesejahteraan masyarakat Kab. Tapteng akan meningkat”, kata Irman. Ketua DPD tersebut juga berjanji akan lebih memerhatikan Tapteng dan mendukung berbagai program pembangunan lainnya.


Menanggapi pertanyaan terhadap wacana pemekaran di wilayah barus Usai melakukan peletakan batu pertama bendungan sitangkurak tersebut.  Menurut Imran, pemekaran daerah perlu mendapat kajian mendalam, karena tidak semua daerah-daerah pemekaran berhasil dan mensejahterakan masyarakatnya. “Berdasarkan data penelitian Kemendagri sekitar 85 % daerah pemekaran dinyatakan tidak berhasil, kenyataannya pemekaran hanya dijadikan alat oleh sebagian pihak untuk meraih keuntungan yang biasanya dinikmati oleh Pejabat tingkat daerah dan anggota DPRD-nya, yang paling utama ialah kesejahteraan masyarakat”, kata Imran.


Sebelumnya rombongan juga meninjau persiapan rencana pembangunan Bandara Dr Ferdinand Lumbantobing Pinangsori. Selain itu, Ketua DPD-RI Irman Gusman juga memberikan kuliah umum di Pondok Pesantren Bahriyatul Ulum KH Zainul Arifin, Kec. Pandan, serta menghadiri kegiatan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sibolga untuk mendengarkan pemaparan rencana pengembangan dan pembangunan pelabuhan dari Kepala PPN Sibolga dan GM Pelabuhan Sibolga.


Turut mendampingi Ketua DPD RI yaitu Komisaris Utama Pertamina Tanri Abeng, Wakil Dirjen Penyediaan Perumahan Rakyat Moh Tanjung Basoeki Hadi Moeljono Msc, Mantan Anggota DPD RI dari Sumut Rahmad Syah, Dirjen Penyediaan Perumahan Rakyat Syarif Burhanudin dan anggota DPD RI dari Sumut Parlindungan Purba.


Selanjutnya, rombongan juga dijadwalkan melakukan peninjauan lokasi rencana pembangunan jalan tol di Batu Lubang Kecamatan Sitahuis, Kota Sibolga, sebelum kembali pada hari senin tanggal 21 Desember 2015. (Red)

Penulis: