Daerah

Kuok Raih Juara Umum Lomba, Masak Serba Ikan Dalam Rangka Gemarikan 2019


Kuok Raih Juara Umum Lomba, Masak Serba Ikan Dalam Rangka Gemarikan 2019

Kampar, Pesisirnews.com - Salah satu upaya untuk peningkatan Sumber Daya Manusia tak terlepas dari nutrisi yang dikonsumsi, salah satu nutrisi dan gizi yang tinggi adalah berasal dari perikanan dan produknya,


Oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Kampar terus memberikan dukungan dan rangsangan dan sosialisasi agar masyarakat dan generasi muda agar dapat dan mengkonsumsi makanan berasal dari ikan sejak dini dan balita.


Melalui Dinas Perikanan dan Forum Perikanan (forikan) Kabupaten Kampar melaksanakan kegiatan lomba masak menu Ikan dalam rangka Gemarikan 2019 yang diikuti oleh 21 Kecamatan se Kabupaten Kampar dan sekolah di Kabupaten Kampar.


Demikian disampaikan oleh plh Bupati Kampar Yusri yang diwakili ketua Forikan Kabupaten Kampar Juli Mastuti saat memberikan arahan pada saat menghadiri lomba masak ikan yang diadakan di Kampus Universitas Pahlawan Bangkinang pada hari Kamis, 22/08. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Riau, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kampar Usman Amin, Plh Ketua TP Kampar yang juga ketua Forum ikan Kabupaten Kampar, Rektor Universitas Pahlawan Bangkinang Diwakili Usman, pengurus PKK Kabupaten Kampar dan peserta dari 21 Kecamatan se Kabupaten Kampar.


Pada lomba ini Kecamatan Kuok raih juara umum dengan peroleh dua lomba meraih juara I pada menu Keluarga dan Menu Balita dan juara II pada menu Kudapan.


Dikatakan Juli Mastuti kami mengucapkan terima kasih kepada panitia dari Dinas Perikanan dan universitas Pahlawan yang telah menaja acara ini, semoga dengan momen Gemarikan 2019 ini SDM Kabupaten Kampar terus meningkat dengan banyak mengkonsumsi ikan khusunya bagi anak-anak dan balita, apalagi Kampar sebagai salah satu penghasil ikan di Riau, Pemkab Kampar sangat mendukung terkait kegiatan ini" Kata Juli Mastuti.


Kepada peserta yang telah meraih juara kami ucapkan selamat, dan kepada yang belum juara Terus berkarya dan tingkatkan lagi" Pintanya lagi.


Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Usman Amin yang diwakili oleh Sekretaris Perikanan Zulfahmi mengatakan pelaksanakan Gemarikan 2019 di Kabupaten Kampar telah berjalan dengan baik. Melalui kegiatan ini kita terus mensosialisasikan dan memasyarakatkan agar kita mengkonsumsi ikan yang mengandung omega 3 dan omega 8 dan kandungan gizi lain yang sangat tinggi, untuk standar mekan ikan sebanyak 50 kg/hari perkepala, sementara untuk kampar baru 41 sampai 43 kg perhari perorang, jadi kita terus sosialisasikan makan ikan di Kampar" Pinta Zulfahmi


Sementara itu penanggung jawab kegiatan Helmi dalam arahannya menyampaikan Kegiatan Gemarikan 2019 Kabupaten Kampar lomba ini diikuti oleh Pengurus PKK dari 21 Kecamatan se Kabupaten Kampar dan inovasi masakan yang ditampilkan generasi Muda dari berbagai sekolah di Kabupaten Kampar, begitu juga mengadakan live cooking, Bazaar pengelolaan ikan" Katanya lagi


"Keluarga sehat negara kuat, tema ini untuk kita jadikan pijakan dalam mensosialisasikan kepada masyarakat untuk gemar makan ikan" Katanya lagi.


Dimeriahkan Juga dengan lomba mewarnai untuk TK yang diikuti oleh 30 orang dari Bangkinang dengan mengambil tema melukis ikan" tutup Helmi.


Kepada pemenang akan diberikan apresiasi dan piala kepada pemenang serta juara umumnya yang akan mewakili Kampar pada tingkat Provinsi Riau" Tutup Helmi.


Sementara chef yang menjadi juri bahwa Indikator penilaian terdiri dari unsur kreatifitas, inovasi, rasa cara masak, kebersihan dengan menggunakan ikan Lele, nila dan ikan tenggiri" Kata Chef Rudi yang sehari-hari sebagai cheef di Hotel pengeran Pekanbaru yang didampingi oleh juri dari PKK Kampar Jasniwarti Herlin.


Ditambahkan chef Rudi bahwa Kampar sangat kaya akan komoditas dan ramuan masak, bahkan Kampar sangat terkenal dengan masakan tradisional yang telah sampai ke tingkat Nasional maupun mancanegara" Kata Cheef Rudi yang juga ketua didalam ikatan Indonesia Chef Asosiation Riau tersebut.


Lomba masak menu ikan ini menyajikan masakan yang serba ikan, sehingga bagi pemenang akan dipersiapkan menjadi wakil Kabupaten kampar untuk lomba masak ikan Provinsi Riau, kita yakin bisa karena untuk tahun kemarin saja Riau meraih juara III Untuk tingkat nasional dan berasal dari Kabupaten Kampar" Katanya Bangga.


Berikut Para juara pada Lomba masak ikan yakni pada Menu keluarga diraih oleh Kecamatan Kuok, Tambang dan Kecamatan Kampar Kiri. Sedangkan Untuk menu Balita diraih oleh Juara I Kecamatan Kuok, juara II Tambang,Juara III Kecamatan Salo,


Sementara untuk menu Kudapan, juara I Kecamatan Tambang, juara II Kecamatan Kuok dan Juara III diraih Kecamatan Kampa.


Sementara itu peraih juara pada lomba masak serba ikan kategori inovasi remaja dengan menu kudapan Juara I diraih Putri Rahmadani Fauzan juara II oleh Widya Rahmadani putri

jaura III Fitri. Sedangkan untuk menu Keluarga juara I diraih Gusmayanti Siregar Dari SMK Al Faruqi Kualu, Jaura II dengan nama Mariani dari Polkam, Juara III diraih oleh Wenti dari Universitas Pahlawan,


Sementara untuk peraih juara mewarnai diraih oleh juara 1 Kanza Az-Zahra, juara dua Latifah ihnanidan juara tiga Siena. (wan)

Penulis: admin