Daerah

Memperingati HUT Satpam Ke-35, Bupati Rokan Hilir Bertindak Sebagai Inspektur Upacara


Memperingati HUT Satpam Ke-35, Bupati Rokan Hilir Bertindak Sebagai Inspektur Upacara
UJUNGTANJUNG, PESISIRNEWS.COM – Memperingati HUT Satpam Ke-35, Bupati Rokan Hilir Bertindak Sebagai Inspektur Upacara (Irup)  yang dilaksanakan dilapangan Upacara Mapolres Rokan Hilir Kamis (30/12) pukul 08.30 WIB.

Pada acara itu yang  bertindak sebagai perwira upacara AKP Zuliandi SH, dan komandan upacara Iptu Tri Adiyatmika, upacara HUT Satpam ke-35 dihadiri olek Kapolres rokan Hilir, AKBP Subiantoro SH SIK, Waka Polres Rokan Hilir, Kopol Danny H. Ardiantara P. Sianipar SIK, para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran, Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hilir, unsur muspida, tokoh gama, pimpinan perusahaan dan pimpinan pengelola Badan Usaha Jasa Pengamanan, serta personil Polres Rokan Hilir, TNI, Brimob, Dishub, Lapas, dan Paramuka dari Saka Bhayangkara Polres Rokan Hilir, tokoh pemuda dan Masayarakat.

Kepala Kepolisian Negara  Republik Indonesia, Jenderal Pol Badrotin Haiti, dalam amanatnya yang dibacakan Bupati, mengatakan, pada HUT ini sebagai momentum untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas seluruh kinerja yang telah dilakukan, guna dijadikan pedoman bagi upaya perbaikan dan penyempurnaan dalam rangka mengoptimalkan peran satpam sebagai mitra Polisi.

Dikatakan, kiprah satpam memiliki peran penting dalam mendukung pelaksanaan tugas Polri memilihara stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Secara historis, sebelum lahirnya Kepolisian modern, pengamanan terhadap diri, keluarga maupun harta benda dilakukan oleh tiap-tiap anggota masyarakat yang dikenal dengan pengamanan swakarsa. Dalam implementasinya di Indonesia, pengamanan swakarsa dilaksanakan oleh masyarakat dalam bentuk ronda kampung yang kemudian diatur sebagai sistem keamanan keliling (Siskamling), oleh karenanya tema peringatan HUT Ke-35 Satuan Pengamanan tahun 2015.

“Kita Tingkatkan Kopetensi Profesi Satpam Indonesia Melalui Pendidikan Yang Berkualitas Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean”. Melalui pembinaan dan kemampuan teknis yang proporsional dan professional dilengkapi dengan integritas moral yang tinggi saya percaya anggota Satpam akan mampu melaksanakan tugasnya," ujarnya.

Sebelum mengakhiri amanantnya Kapolri meminta kepada personil Satpam untuk, dapat meningkatkan displin, dedikasi dan professional sebagai pengemban fungsi Kepolisian terbtas. Selain itu Tingkatkan kemampuan pengetahuan kopetensi dan keterampilan guna menunjang pleksanaan tugas, selanjutnya lakukan upaya preventif yang konstruktif dalam mencegah gangguan Kamtibmas, jaliin kerjasama dan koordinasi yang intensif dengan petugas Kepolisian.

Selanjutnya Bupati memberikan piagam penghargaan kepada personil Satpam yang berprestasi. Usai upacara dilanjutkan peragaan beladiri dengan menggunakan tongkat T dan borgol serta pencak silat oleh personil Satpam. Acara dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng, hiburan Keybord dan makan bersama di gedung Tunggal Panalua Polres Rokan. (Sam)
Penulis: