Daerah

Mulai 2016 RSUD Bengkalis Berubah Jadi BLUD


Mulai 2016 RSUD Bengkalis Berubah Jadi BLUD
Foto: riauheadline
BENGKALIS, PESISIRNEWS.COM - Perubahan RSUD menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) baru terealisasi tahun 2016. Perubahan status tersebut diharapkan menjadi kabar baik bagi RSUD dan masyarakat, terutama dalam upaya peningkatan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Anggota Komisi IV DPRD Bengkalis yang membidangi kesehatan, Irmi Syakip Arsalan membenarkan tentang perubahan RSUD menjadi BLUD di tahun 2016 ini. Perubahan tersebut seiring selesainya audit oleh institusi terkait terhadap RSUD Bengkalis.

''Memang rencana perubahan RSUD menjadi BLUD ini sudah lama, tapi ada beberapa tahapan yang harus dilalui dan alhamdulillah tahun 2016 ini sudah positif berubah,'' ujar Irmi Syakip.

Pria yang akra disapa Ikip ini menjelaskan, ketika RSUD sudah menjadi BLUD, manajemen RSUD bisa mengatur rumah tangganya sendiri. Artinya, keuangan yang masuk ke RSUD bisa dikelola oleh RSUD untuk kepentingan pembelian obat dan lainnya.

"Mulai tahun 2016 nanti tidak ada lagi alasan RSUD kehabisan stok obat lalu memaksa pasien membeli obat di luar. Sebab, RSUD tidak harus menunggu proses tender pembelian obat, karena pembelian bisa dilakukan langsung RSUD,'' sebut Ikip.

Untuk pembelian obat di luar RSUD, memang ada beberapa jenis obat yang tidak termasuk tanggungan RSUD, khususnya untuk pasien Jamkemasda. Hal-hal semacam ini harus juga dipahami oleh masyarakat.

''Tapi, untuk semua jenis obat yang memang menjadi tanggungan RSUD, tidak ada alasan bagi pasien untuk membeli di luar rumah sakit,'' sebutnya.

Dirinya berharap, perubahan RSUD Bengkalis menjadi BLUD juga merubah pelayanan rumah sakit menjadi lebih baik. Tidak semata dalam memberikan pelayanan kepada pasien tapi juga peningkatan semua mutu, mulai dari kebersihan sarana dan prasarana serta terpenuhinya kebutuhan dokter spesialis.

''Ini baru tahun pertama, kita maklumi kalau dalam perjalanannya masih ditemukan kekurangan. Bersama-sama kita akan evaluasi itu untuk perbaikan ke arah yang lebih baik,'' sebut politisi PKB ini.

Terpisah, Plt Direktur RSUD Bengkalis, Zulfan Herri juga membenarkan mulai tahun depan RSUD Bengkalis sudah berubah jadi BLUD. Segala sesuatu sudah dipersiapkan manajemen, termasuk minta pendampingan dari BPKP.

''Saat ini pihak BPKP sedang di RSUD untuk melakukan pendampingan guna mempersiapkan perubahan status ke BLUD,'' ujar Zulfan.

Dipaparkan Zulfan, terkait perubahan status tersebut, juga terjadi perubahan dalam penganggaran. Dimana untuk tahun 2016 nanti rumah sakit memakai dua pola, RKA seperti sebelumnya dan anggaran bisa langsung digunakan.

''Untuk anggaran yang bisa langsung digunakan ini sifatnya terbatas, seperti pengadaan obat dan jasa penanganan medis. Selebihnya masih sistem RKA,'' jelas Zulfan.


Jangan lewatkan berita terkait lainnya. Silahkan Klik DISINI / DISINI



Sumber: riauheadline.com

Penulis: