Daerah

Peduli Dampak Situasi Pandemi Covid-19, St J Nababan Inisiatori Penyaluran Bantuan dan Sosialisasi PHBS


Peduli Dampak Situasi Pandemi Covid-19, St J Nababan Inisiatori Penyaluran Bantuan dan Sosialisasi PHBS
Photo : Budiman.


Rokan Hilir


Peisirnews.com - Peduli dan membantu meringankan beban warga Jemaat HKBP Bagan Batu Kota di tengah pandemi Coronavirus Disease -19 (Covid-19) St Jonson Nababan (53) beserta sintua-sintua Bagan Batu salurkan bantuan kepada warganya, Rabu (1/4/2020).


Saat ditemui di Bagan Batu, sang inisiator, St Jonson Nababan mengatakan bahwa dirinya beserta internal Jemaat HKBP lainnya menyerahkan bantuan tersebut dalam bentuk beras sebanyak 47 karung yang 10 Kg kepada 47 Kepala Keluarga (KK), 25 bungkus mie instan per-KK (Sekitar 30 kardus lebih), Vitamin C 500 sebanyak 6 sachet per-KK (6 Kotak).


"Kita juga menyampaikan kepada masyarakat agar untuk sementara ini usahakan di rumah saja. Guna mengantisipasi menyebarnya Covid-19 kepada kita dari orang-orang dari luar daerah yang masuk ke Bagan Batu sekitarnya," ujar pria yang akrab dengan sapaan Nababan Toko Hanna ini.


Dikatakannya, bahwa ini semua menjadi tanggungjawab bersama, bukan siapa orangnya, akan tetapi persoalannya, semua harus berbuat dengan kemampuan yang dapat dilakukan. Bukan karena banyaknya, tapi harus dimulai dari sekarang, seberapa pun kemampuan kita.


"Jangan sampai masyarakat nantinya bukan mati karena tertular Virus Corona (Covid-19), tapi mati karena tidak ada yang mau dimakan atau karena kelaparan, akibat dampak dari pandemi Corona itu sendiri yang disebabkan mulai menurunnya perekonomian di masyarakat," katanya kepada Pesisirnews.com.


Ditambahkannya, agar tidak menjadi kesenjangan masyarakat dengan tokoh ataupun masyarakat menengah ke atas.


"Kepedulian terhadap sesama harus kita mulai dari kita. Jangan anda mengaku seorang tokoh, namun kurang perduli terhadap sesama, terutama kepada masyarakat yang kurang beruntung," sebut Nababan.


Bahkan sambungnya lagi, anggota DPRD Rokan Hilir dari fraksi PDIP, Maria Tambunan juga berpesan kepadanya untuk tidak berhenti pada saat ini saja.


"Jangan berhenti di sini, kalau bisa berkelanjutan, guna mengajak yang lainnya untuk bergerak, baik itu dari jemaat, rt, rw ataupun masyarakat luas tanpa memandang Suku dan Agama, karena ini merupakan masalah kita bersama," sambung Nababan menyampaikan pesan dari Maria Tambunan.


Selain memberikan bantuan, sang inisiator ini juga berusaha memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)


"Ya, dan semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran, sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri. Dan saat ini, yang kita lakukan masih merupakan gerakan Jemaat internal HKBP saja, semoga diikuti oleh yang lainnya dalam bentuk kepedulian bersama," tandasnya.


Diungkapkan Nababan, bahwa ia bekerjasama dengan koordinator yang telah dibentuk yakni 5 orang koordinator, A Theresa Nababan, Parno Sinaga, Maria Tambunan, Yohana Br Siregar (Unsur Kesehatan) dan Roni Nababan (Dari unsur Pemuda) serta dibagi menjadi 4 sektor yakni, sektor 1 (Poltak Samosir), sektor 2 (Jeremia Nababan), sektor 3 (Sudah di backup koordinator) dan untuk sektor 4 adalah A Pincen Hutajulu.

(Budiman)

Penulis: Budiman

Editor: Admin

loading...