Daerah

Pj Wako Dumai : Tingkatkan Tugas dan Fungsi Satpam


Pj Wako Dumai : Tingkatkan Tugas dan Fungsi Satpam
dika
Security saat peragaan latihan bela diri
DUMAI, PESISIRNEW.COM  – Memperingati HUT Satpam ke 35 di Kota Dumai,  yang dilangsung pada Selasa (5/1). Penjabat Walikota Dumai memiliki harapan besar kepada para Satpam yang ada di Kota Pelabuhan ini.

Satu harapannya yakni, meningkatkan tugas dan fungsi Satpam. Apalagi selama ini Satpam punya peran strategis. Seperti membantu tugas kepolisian sebagai Pam Swakarsa. Lalu berperan dalam menjaga Objek Vital Nasional di Kota Dumai. Sebut saja Kilang Pertamina Refinery Unit (RU) II Dumai dan PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI).

“ Bila peran dan fungsi Satpam ditingkatkan, maka situasi kondusif bakal tercipta,” sebut Arlizman Agus usai memimpin Apel Peringatan HUT Satpam di Mapolres, Jalan Sudirman, Dumai.

Menurutnya, masyarakat juga bisa lewat Pam swakarsa bimbingan kepada masyarakat. Seperti Linmas dan Siskamling. Sehingga bisa dijaga keamanan dan ketertibannya.

Sementara, Kepala Polres Dumai AKBP Suwoyo menyebutkan, bahwa pihak kepolisian siap berkordinasi dengan para satpam. Sesuai tugas kewilayahannya. Apalagi hal itu adalah satu upaya meminimalisir gangguan kantibmas.

“ Kami apresiasi kinerja atas dedikasi para satpam di Kota Dumai. Semoga tetap terus berperan serta dalam menciptakan situasi kondusif di Kota Dumai,” ujarnya singkat.

Pada Apel Peringatan HUT Satpam ke 35 di Kota Dumai, juga diwarnai atraksi unjuk kebolehan para personel Satuan Pengamanan (Satpam). Mereka menampilkan aksi baris berbaris di hadapan tamu dan undangan, pada kegiatan di Halaman Mapolres Dumai.

Sebagai personel Satpam, mereka juga memperlihatkan atraksi beladiri dengan menggunakan tongkat dan borgol. Walau hanya berbekal dua senjata andalan itu, para pelaku kejahatan bisa dilumpuhkan. Terutama dengan sejumlah teknik banting dan memukul.

Kasat Binmas Polres Dumai, AKP Agung Triadi mengapresiasi kesiapan pada personel Satpam. Terutama untuk menampilkan atraksi beladiri dan baris-berbaris.

“ Meski minim waktu persiapan. Tapi saat tampil tetap bagus,” ujar Agung kepada wartawan, Selasa siang.(dik)
Penulis: