• Home
  • Daerah
  • Kampar
  • Plh Bupati Kampar Hadiri Rakornas Karhutla Bersama Presiden.

Plh Bupati Kampar Hadiri Rakornas Karhutla Bersama Presiden.

admin Rabu, 07 Agustus 2019 15:05 WIB
Jakarta, Pesisirnews.com - Memasuki musim panas telah mengakibatkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, akibat kejadian tersebut telah menimbulkan kerugian yang tidak sedikit, oleh sebab itu mari kita lakukan pencegahan dini.

Demikian salah satu himbauan Presiden RI Joko Widodo saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Kebakaran Hutan dan Lahan yang diadakan di Istana Presiden Pada hari Selasa, 06/08 yang dihadiri oleh Plh Bupati Kampar Drs. Yusri, M.Si didampingi oleh Dandim 0313/KPR Aidil Amin, Kapolres Kampar Andri Ananta Yudhistira, Sekretaris BPBD Kampar Afrudin Amga, ST, MT.

Hadir juga pada Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Widodo dan Danrem 031/WB dan Bupati se Provinsi Riau.

Presiden RI Joko Widodo dalam arahannya menyampaikan dihadapan para gubernur, Kapolda, Bupati, Kapolres se Indonesia seluas 2,67 juta ha telah terbakar dengan kerugian hampir Rp 2,71 Triliun.

Peristiwa ini jangan sampai terulang lagi, meminta untuk dapat menurunkan titik api" Pinta Presiden yang terpenting bagaimana menanggulangi, apalagi di hutan gambut, ini sangat sulit untuk dipadamkan.

Saya menghimbau lakukan Patroli terpadu, deteksi dini, kondisi harian lapangan terpantau, penataan ekosistem gambut di tata kembali sesuai peruntukannya, segera mungkin padamkan api, water booming serta penegakan hukum bagi pembakar hutan dan lahan tanpa kompromi" Himbau Presiden.

Melalui Rakornas kita selesaikan hal yang menghambat terhadap penanggulangan seperti anggaran, lokasi yang sangat jauh, tekhnologi tepat guna bagi masyarakat dalam pengolahan lahan sehingga tidak melakukan pembakaran lahan serta
Penegakan hukum bagi pembakar hutan dan lahan" Himbau Joko Widodo yang didampingi para menteri Kabinet Indonesia Kerja.

Sementara itu Plh Bupati Kampar Drs. Yusri, M.Si didampingi oleh Dandim 0313/KPR Aidil Amin, Kapolres Kampar Andri Ananta Yudhistira, Sekretaris BPBD Kampar Afrudin Amga, ST, MT usai Rakornas menyatakan bahwa kita akan menindaklanjuti Rakornas ini dengan melakukan pertemuan, insya allah Senin depan akan melakukan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan pihak yang terkait" Kata Plh Bupati Kampar pada Rakornas Penanggulangan dan pencegahan Hutan dan lahan.

Apalagi Kabupaten Kampar yang cukup luas dan rawan terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan, semoga tindak lanjut Rakornas ini dapat menurunkan bahkan nol titik api akibat kebakaran hutan dan lahan dan dapat kita minimalisir" Kata Plh Bupati Kampar.

Memang saat ini ada ada 4 titik api di Kampar yakni 3 titik di Desa Karya Indah Tapung , dan satu titik Rimbo Panjang Kecamatan Tambang, namun saat ini tim gabungan telah dapat memadamkan api, tinggal di kawasan gambut dan itu letaknya dibawah tanah atau Fire ground" Tambahnya lagi yang didampingi oleh Dandim 0313/KPR Aidil Amin, Kapolres Kampar Andri Ananta Yudhistira.

Sebelumnya Menkopolhukam Wiranto dalam laporannya menyampaikan perlu Koordinasi kementerian lembaga terkait Kebakaran Hutan dan lahan. Mari kita satukan Visi dan misi dalam penanganan Karhutla ini, sehingga kebakaran hutan dan lahan dapat kita minimalisir" Himbauan Menkopolhukam Wiranto (Wan )
loading...
Tags DaerahKamparRiaunasional
Loading...

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments