Daerah

Polres Kampar Gelar Upacara Bendera memperingati Hari Lahir Pancasila


Polres Kampar Gelar Upacara Bendera memperingati Hari Lahir Pancasila
Kampar, Pesisirnews.com - Sabtu (1/6/2019) sekira pukul 08.00 Wib, bertempat di Lapangan Upacara Mapolres Kampar dilaksanakan Upacara Bendera memperingati Hari Lahir Pancasila ke-74 tahun 2019 dengan Tema "Kita Indonesia, Kita Pancasila".

Bertindak selaku Inspektur Upacara Waka Polres Kampar Kompol Ricky Ricardo SIK, Perwira Upacara Kasat Intel AKP Edi Junaidi SH dan Komandan Upacara Iptu Khairil SH.

Pasukan Upacara terdiri dari Pejabat Utama Polres Kampar, Para Perwira dan Segenap Personel Polri serta ASN Polres Kampar dari semua Satuan Fungsi.

Rangkaian Upacara diawali Pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan Mengheningkan Cipta dan Pembacaan Teks Pancasila serta Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945.

Waka Polres Kampar selaku Inspektur Upacara membacakan Amanat Tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, berikut petikannya :

Kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Pancasila telah mampu mempersatukan kita sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kondisi geografis wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan yang berada diantara dua samudera dan dua benua, makin memperkokoh konsep keyakinan akan "Tanah Air Indonesia" sebagai bangsa yang memiliki ruang hidup tanah air dalam satu kesatuan yang saling menguatkan.

Pancasila sebagai dasar negara, ideologi dan pandangan hidup bangsa merupakan anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME untuk bangsa Indonesia, proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus serta ditanamkan dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai bangsa yang besar kita tidak akan meninggalkan sejarah sebagaimana oleh Bung Karno disebut dengan istilah "Jas Merah", melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 ini mari kita jadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Upacara berakhir pada pukul 09.00 wib dan seluruh rangkaian upacara berlangsung dengan aman, khidmat dan lancar.(wan)
Penulis: admin