Daerah

Puisi Tanah Air Mata Juarai Lomba Baca Puisi Hari Juang Kartika ke 70


Puisi Tanah Air Mata Juarai Lomba Baca Puisi Hari Juang Kartika ke 70
dika
Juara 1 Lomba Baca Puisi Hari Juang Kartika ke 70
PESISIRNWS.COM, DUMAI - Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke- 70 ini, Komando Distrik Militer (Kodim) 0320 Kota Dumai, menggelar lomba baca puisi tingkat Sekolah Dasar (SD) dan lomba lagu wajib perjuangan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kota Dumai, pada Minggu (13/12) kemarin.

Lomba yang dilaksanakan di gedung aula Sudirman itu mengangkat tema “ Melalui hari Juang Kartika, Kita Mantapkan Jati Diri Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) dan Kemanunggalan TNI Rakyat, Guna Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian “.

Dandim 0320 Letkol (Kav) Afkar Mulya menyebutkan, bahwa kegiatan lomba baca puisi dan lomba lagu wajib perjuangan ini dalam rangka memperingati hari Juang Kartika.

Dalam kesempatan itu, Dandim menjelaskan sedikit tentang sejarah singkat hari Juang Kartika ini.

Dimana saat itu pasukan yang dipimpin oleh Jendral Sudirman berhasil memukul mundur pasuka sekutu di Ambarawa menuju ke semarang, dari strategi pertempuran yang dilakukan oleh panglima besar Jendral Sudirman berhasil merebut kemenangan.

Kemenangan pertempuran Ambarawa tersebut pada tanggal 15 Desember 1945 dan keberhasilan Panglima Besar Jenderal Soedirman ini kemudian diabadikan dalam bentuk monumen Palagan Ambarawa.

“ TNI AD memperingati tanggal tersebut setiap tahun sebagai Hari Infanteri, dan tanggal 15 Desember nantinya kita akan memperingati hari itu di Makodim 0320,” ujar Dandim.

Lomba baca puisi ini diikuti sebanyak 23 murid ditingkat SD. Menurut Dandim secara umum penampilan dan karya para peserta sangat bagus sekali. Terbukti dari pemberian nilai oleh juri dengan perberdaan nilai yang sangat tipis.

Apalagi, lanjut Dandim, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan yang sangat positif. Bakat dan minat para peserta dalam dituangkan dalam kegiatan ini.

“ Harapan kita dengan adanya kegiatan ini dapat menjadikan motivasi kepada peserta untuk menuangkan bakat dan minat mereka, sehingga dapat melanjutkan kejenjang pertandingan yang lebih dari ini,” papar Dandim.

Disamping itu, masih kata Dandim, dalam memperingati hari Juang Kartika ini, setiap kesatuan yang ada dibawah naungan Kodim juga menggelar kegiatan, seperti bakti sosial, donor darah dan operasi katarak.

“ Tidak hanya itu saja, kita juga mengadakan perlombaan baca puisi dan lagu wajib perjuangan serta tidak lupa TNI AD juga melakukan pendekatan diri kepada masyarakat khususnya Kota Dumai,” tukas Dandim.

Dalam perlombaan puisi untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) yang digelar Kodim 0320 itu, juara satu diraih oleh SD 004 Binsus Bukit Kapur atas nama Nur Asriani yang membacakan pusis berjudul “ Tanah Air Mata ”. (CP)


LIKE fasnpage Pesisirnews.com untuk dapatkan info terbaru seputar Riau. Silahkan Klik DISINI / DISINI
Penulis: