Salurkan program pemberdayaan, PT SRL juga gali potensi desa di Rupat

Haikal Jumat, 08 November 2019 15:01 WIB
Keterangan Foto :
Bantuan perlengkapan olahraga diberikan kepada pemuda Desa Darul Aman.
RUPAT : Dalam upaya melanjutkan komitmen perusahaan untuk menjadi bagian bersama masyarakat, PT Sumatera Riang Lestari mewujudkan program pemberdayaan masyarakat sebagai salah satu tanggung jawab sosial perusahaan.

PT SRL Blok Rupat, melalui program Community Development memberikan bantuan perlengkapan olah raga di beberapa desa dan juga material pembangunan sekolah disalah satu desa di Kecamatan Rupat.

Common Servis PT SRL Blok Rupat, Dedy bersama humas perusahaan, Totok Suharto dan staf pemberdayaan masyarakat, Maryadi menjelaskan penyerahan bantuan perlengkapan olahraga dan material pembangunan sekolah merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat.

"Ada beberapa peralatan olah raga seperti bola kaki, bola voli dan sepak takraw serta seragam, kami serahkan untuk menunjang kegiatan olah raga pemuda dan karang taruna di Batu Panjang, Darul Aman, Pergam, Pancur Jaya dan Suka Damai,"Kata Dedy, Kamis (7/11).

Sementara, bantuan material bangunan berupa seng dan triplek telah sebelumnya diberikan untuk Sekolah Dasar Sending HKBP, Desa Hutan Panjang.

Totok Suharto menambahkan, selain menyerahkan bantuan ke masyarakat desa, penggalian potensi ekonomi juga dilakukan untuk melihat peluang pemanfaatan sumberdaya alam bernilai ekonomis yang dapat dikembangkan oleh masyarakat.

Dari pengamatannya, Totok mengatakan, cukup banyak usaha yang telah digeluti oleh masyarakat dibeberapa desa seperti peternak madu kelulut di Tanjung Kapal dan Batu Panjang, pembuat Gula Merah di Desa Tanjung Kapal serta usaha yang digeluti oleh ibu-ibu PKK di Pancur Jaya yang telah mengasilkan sirup berbahan dasar buah asam paya dan juga usaha keripik ubi.

"Kami berpendapat, usaha kecil yang sudah dijalankan oleh masyarakat dapat menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat yang dapat kita kolaborasikan dengan program perusahaan, yang intinya adalah kita ingin berperan dalam membantu masyarakat meningkatkan taraf kehidupan warga agar menjadi lebih baik," Kata Totok.

Dari hasil penggalian potensi desa, Maryadi menceritakan, di Desa Pancur Jaya misalnya, dimana masyarakat desa tersebut telah menghasilkan olahan sirup yang sudah dikemas dengan baik dan juga dipasarkan di wilayah Rupat.

" Kita juga melihat beberapa masyarakat di Desa Tanjung Kapal yang membudidaya lebah kelulut untuk diambil madunya. madu kelulut cukup menjanjikan hasilnya, dan peluang seperti inilah yang coba kita tangkap," Kata Maryadi.[Budi]
Tags Pemkab Inhilpolitik

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments