Daerah

Terkait Pembangunan Jalan Hotmix di Bagan Batu, Kadis : Soal Bestek, tanya ke Kabid. Saya kan Kadis


Terkait Pembangunan Jalan Hotmix di Bagan Batu, Kadis : Soal Bestek, tanya ke Kabid. Saya kan Kadis
Bagan Batu, Pesisirnews.com - Dugaan penyimpangan proses pengerjaan Hotmix jalan Imam Munandar Kepenghuluan Bagan Batu kecamatan Bagan Sinembah kabupaten Rokan Hilir (Rohil), kepala dinas PUPR Rohil tidak mengetahui urusan Bestek dan dipersilahkan menanyakan kepada Kepala Bidang (Kabid).

Hal itu diungkapkan Kadis PUPR Rohil, Drs H Jon Syafrindow MSi disela-sela acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di kecamatan Bagan Sinembah saat dikonfirmasi awak media terkait Hotmix jalan Imam Munandar yang belum lama dikerjakan sudah rusak dan hanya ditambal semen, Kamis (14/2/2019) siang.

"Soal Bestek, tanya ke Kabid. Saya kan Kadis, Kabid yang tahu soal itu," kata Jon Syafrindow ketika dicecar pertanyaan oleh beberapa awak media.

Awalnya Kadis dipertanyakan awak media tentang Hotmix yang baru saja dikerjakan tetapi sudah ada yang rusak dibeberapa titik di jalan Imam Munandar, Jon Syafrindow mengatakan bahwa jalan sudah dilakukan perbaikan. "Sudah, sudah diperbaiki. Ini saya dikirim fotonya," sambil menunjukan foto yang dikirim bawahannya.

Ketika disinggung kenapa ditambal dengan cor-coran semen, Jon Syafrindow mengatakan bahwa itu hanya sebagai pengikat Base dan akan dilakukan pengaspalan ulang di 4 titik yang rusak tersebut.

Kadis PUPR Rohil itu bahkan menuding pihak pengusaha yang memiliki gudang di jalab tersebut sebagai biang kerok atas kerusakan jalan tersebut. Sebab lanjut Kadis, truk milik pengusaha tersebut muatannya melebihi tonase.

"Itu akibat truk yang keluar masuk gudang dekat situ, saya juga sudah koordinasi dengan camat agar pihak kecamatan menegur pengusaha tersebut," pungkas Jon.

Namun, ketika salah satu awak media memperlihatkan foto persis didepan gudang yang dituding sebagai biang kerok atas kerusakan Hotmix tersebut, Kadis PUPR tampak terheran-heran.

Bahkan ketika awak media Pesisirnews.com menanyakan, kenapa hanya dibagian tertentu saja yang mengalami rusak jika penyebab jalan cepat rusak akibat truk bermuatan berat. Jon menjelaskan bahwa tidak semua jalan teksturnya sama kerasnya. Bahkan ia juga mencontohkan halaman gedung PGRI yang menjadi acara Musrenbang sebagian ada yang becek dan ada yang kering.

Namun ketika disinggung apakah hal tersebut sesuai dengan Bestek pengerjaan Hotmix jalan Imam Munandar, disaat itulah ia mengaku bahwa ia tidak tahu urusan Bestek. "Soal Bestek, tanya ke Kabid. Saya kan Kadis, soal tekhnis, Kabid yang tahu soal itu," sebutnya mengakui.

Dan pada kesempatan itu, ketika ditanya apakah Kabid yang dimaksud turut serta dalam Musrenbang tersebut, Jon Syafrindow mengatakan tidak. "Ini kan di Kecamatan Bagan Sinembah, di Kecamatan lain ada Musrenbang juga, ya gak mungkinlah kami disini semua," demikian Kadis PUPR. (Budiman)
Penulis: admin