Daerah

UPT PUSKESMAS TANJUNG MEDANG GELAR SOSIALISASI GEMA CERMAT METODE CBIA

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
UPT PUSKESMAS  TANJUNG MEDANG GELAR SOSIALISASI GEMA CERMAT METODE CBIA
RUPAT UTARA – Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis melalui UPT Puskesmas Tanjung medang menggelar Sosialisasi GeMa CerMat (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat) Dengan Metode Cara Belajar Insan Aktif (CBIA), kegiatan digelar di Aula kantor Desa Tanjung Medang Rupat utara Selasa ( 8/10/19).


Tampak hadir dalam kegiatan Camat Rupat utara diwakili Kasi Trantib, Panut, S. Pd, Kepala KUA Rupat Utara, Suryanto, S.HI, Kepala UPT Puskesmas Tanjung Medang Kecamatan RupatUtara Dr. Ratna Sari Lina, Sekretaris Desa

Tanjung Medang Taufik, Perangkat Desa beserta Tokoh Masyarakat Desa Tanjung Medang.


Kepala UPT Puskesmas Tanjung Medang, Ibu Dr. Ratna, dalam sambutannya mengatakan tujuan dilaksanakannya Kegiatan Sosialisasi Gema Cermat ini adalah untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian dan pemahaman masyarakat bahwa menggunakan obat secara benar adalah hal yang sangat penting,


" Meningkatakan kesadaran ,kepedulian dan pemahanan penggunaan obat secara benar itulah tujuan sosialisi ini" ujarnya


Lanjut beliau karena pengobatan sendiri yang dilakukan masyarakat secara tidak tepat dan tidak disertai informasi yang memadai, dapat menyebabkan tujuan pengobatan tidak tercapai bahkan bisa berakibat fatal bagi kesehatan.


"masyarakat memerlukan informasi yang akurat dan dapat dipercaya agar masyarakat dapat memahami cara penggunaan, penyimpanan dan pembuangan obat di rumah tangga. Melalui kegiatan Sosialisasi Gema Cermat ini diharapkan akan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penggunaan obat secara benar dan rasional" , ujarnya.



Dr. Ratna sari mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara Pemerintahan Desa Tanjung Medang dengan UPT Puskesmas Tanjung Medang Kecamatan Rupat Utara. Pada kesempatan tersebut, beliau mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang diberikan oeh Pemerintahan Desa Tanjung Medang, Pak Kades Saipul telah memberikan izin penggunaan Aula Kantor Desa sebagai tempat diadakannya pertemuan ini. Beliau juga yang telah mengundang

masyarakat desa untuk menghadiri acara ini. Adanya dukungan dari pihak desa merupakan bukti nyata dukungan elemen masyarakat terhadap program kerja kesehatan. Saya berharap, dukungan semacam ini akan terus berlanjut, ungkapnya. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Tim UPT Puskesmas Tanjung Medang yang telah mempersiapkan acara tersebut.


" Terimakasi pak kades saipul mengijinkn tempat untuk sosisalisasi Gema Cermat .dan dukungan pihak desa mendukung program kesehatan Ini " ungkapny


Saat membuka acara, Bapak Panut, S.Pd mengajak masyarakat untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan gema cermat, karena banyaknya informasi penting yang akan diperoleh dari kegiatan ini maka sebaiknya masyarakat mengikuti kegiatan ini dengan penuh perhatian, ujarnya.


Masyarakat tampak antusias mengikuti acara ini. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan masyarakat terkait penggunaan obat. Mereka juga tampak bersemangat ketika mengikuti nara sumber Rizki Irvan Maulana, S. Farm, Apt. menyanyikan lagu " Tanya 5 O " Versi Kemenkes RI. ( Budi)

Penulis: Pesisirnews.com