Daerah

Wujudkan Transparansi, Desa Suka damai Pasang Baliho Rincian APBDes 2019

admin admin
Wujudkan Transparansi, Desa Suka damai Pasang Baliho Rincian APBDes 2019

Bengkalis, Pesisirnews.com - Mewujudkan transparansi tata kelola anggaran APBDes 2019, Desa Suka damai Kecamatan Rupat utara Kabupaten Bengkalis memasang baliho ukuran sekira 23 meter, berisi seputar alokasi APBDes, terpampang secara rinci.


Informasi mulai pendapatan total Desa, pendapatan asli desa, Dana Desa, Alokasi Dana Desa dan Bagi Hasil Pajak dan Retribusi (BHPR), diterakan secara rinci, termasuk nilai nominal per alokasi. Rincian alokasi APBDes juga meliputi berbagai bidang pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat dan dana tak terduga. Disebutkan dalam baliho, total anggaran belanja mencapai Rp 3.145.000.000 sesuai Perdes No.1 Tahun 2019.


Kepala Desa Suka damai saat ditemui wartawan Kamis (15/8/19), diruang kerjannya .Abdul Aris S.Pd mengatakan, pemasangan baliho APBDes dirujuk dari Permendagri No.114/2014, tentang pedoman pembangunan desa.


"Baru sekitar beberapa bulan lalu dipasang , agar masyarakat tahu rincian APBDes, baik peruntukan maupun pengelolaan untuk apa," papar kades.


Ia menambahkan, dalam penyusunan APBDes juga melibatkan masyarakat. Mulai dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Karang Taruna, PKK, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD).


"Supaya masyarakat juga tahu tahapan teknisnya mulai RAB, Pengajuan, Pelaksanaan sampai tahap pencairan," urainya.


Dengan begitu, diharapkan Aris, selain menyemarakkan budaya transparansi, partisipasi aktif masyarakat juga dirasa penting dalam membangun desa lebih baik."Ungkapnya


Terpisah, dipaparkan salah satu Tokoh Masyarakat Desa setempat, Syawaluddin dalam baliho yang dipasang tersebut, pemerintah desa mencantumkan semua sumber pendapatan Desa , dan besaran Belanja Desa ini selalu di muat dalam baliho tersebut secara terperinci.


"Saya yakin, apa yang di lakukan pemdes Suka damai sudah tepat, dan tujuannya supaya masyarakat bisa tahu sejauh mana pengelolaan anggaran di Desa. Ini sebagai wujud tranparansi kepada masyarakat, "Jelasnya.(Budi)

Penulis: admin

loading...