Daerah

Babinsa Koramil 02/TP Kembali Patroli dan Sosialisasi Karlahut di Perbatasan Rohil-Dumai

Budi Budi
Babinsa Koramil 02/TP Kembali Patroli dan Sosialisasi Karlahut di Perbatasan Rohil-Dumai
Photo : Istimewa.
MAMUGO


Pesisirnews.com - Anggota Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil, Pelda EH Purba dan warga masyarakat kembali melaksanakan kegiatan sosialisasi dan patroli Karlahut.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (21/6/2022) ini sendiri bertujuan untuk mengantisipasi munculnya musibah kebakaran lahan dan hutan yang ada diwilayah Koramil 02/TP.

Hal ini disebabkan disaat kemarau berkepanjangan sering terjadi memicu terjadinya kebakaran lahan baik itu karena unsur kesengajaan ataupun tidak yang kerap melanda sejumlah daerah, khususnya di wilayah perbatasan Rohil-Dumai tepatnya kepenghuluan Mamugo kecamatan Tanah Putih.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Lettu Cba (K) Karnilawati mengatakan, patroli pemantauan terhadap gejala dan sumber terjadi kebakaran merupakan upaya penanganan kebakaran secara dini dan terbukti dapat meminimalisir terjadinya bencana Karhutla.

“Kegiatan Patroli merupakan penanganan secara dini terhadap bencana Karhutla, yaitu dengan melakukan pengecekan di tempat-tempat yang berpotensi terjadinya kebakaran, dan memastikan lumbung persediaan air serta sekat kanal dalam keadaan baik dan aman,” ungkapnya.

Tambahnya lagi, selain melakukan patroli pemantauan, sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya Karhutla juga terus ditingkatkan, karena Karhutla banyak menimbulkan efek negatif kepada masyarakat.

" Untuk itu masyarakat diminta agar tidak melakukan pembakaran secara sembarangan, baik itu sampah pekarangan maupun cara membuka lahan perkebunan dengan membakar,” terangnya lagi.

“Dengan adanya Patroli Karhutla masyarakat mengerti pentingny efek, dan kesadaran masyarakat cara membuka lahan,” tutup Danramil.

Penulis: BudiMan

Editor: Admin