Daerah

Babinsa Koramil 03/Bgs Kembali Dampingi Petani Terong

Budi Budi
Babinsa Koramil 03/Bgs Kembali Dampingi Petani Terong
Photo : Istimewa
ROHIL


Pesisirnews.com - Dalam Rangka ikut Serta mendukung Program Pemerintah untuk meningkatkan Swasembada pangan serta sekaligus untuk menghindari Karhutla, Kodim 0321/Rohil melalui para Babinsa melakukan berbagai kegiatan pendampingan kepada para petani, khususnya yang menjadi wilayah teritorialnya.


Salah Satunya seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 03/Bgs, Kopda Dani Sb yang pada Kamis (12/1/2023) kembali melaksanakan mendampingi kepada petani yaitu melaksanakan perawatan tanaman sayuran Terong di jalan Lancang Kuning kelurahan Bagan Batu Kota, kecamatan Bagan Sinembah.


Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) yang dikonfirmasikan melalui Danramil 03/Bgs, Kapten Inf M Manurung mengatakan, pendampingan tersebut merupakan suatu bentuk usaha untuk mengubah cara masyarakat sebagai petani dan mencegah terjadinya kebakaran Hutan dan Lahan.


Demplot ini merupakan salah satu contoh untuk masyarakt lain bahwasanya tidak hanya tanaman kelapa sawit yang bisa dijadikan sebagai pokok akan tetapi bercocok tanaman sayuran juga bisa menjanjikan hasilnya.


"Karena cara pengolahan lahan yang selama ini salah dalam melakukan penggarapan Sehingga terjadi bencana kebakaran Hutan dan lahan," ujarnya.


Dirinya pun mengatakan apabila dialihkan menanam sayuran terong, maka lahan menjadi bersih sehingga terhindar dari bencana Karhutla.


"Saat ini dengan memanfaatkan lahan kosong miliknya untuk dijadikan Demplot untuk tanaman sayuran terong dan buktinya memiliki hasil yang memuaskan juga," urai Danramil lagi.


Meskipun pada umumnya petani di daerahnya sebagian besar masih bercocok tanam kelapa sawit, Tapi dengan panen sayuran ini nantinya merupakan sebagai contoh untuk menghindari karhutla dan maupun menambah perekonomian petani.


"Kami berharap agar kegiatan Seperti ini kedepannya dapat terus dilakukan kesemua masyarakat terutama di wilayah Koramil 03/Bgs untuk bercocok tanam sayuran atau palawija lainnya," harap Kapten Inf M Manurung.

Penulis: BudiMan

Editor: Admin