Daerah

BAPPEDA Kampar Gelar Forum Perangkat Daerah Selama Tiga Hari


BAPPEDA Kampar Gelar Forum Perangkat Daerah Selama Tiga Hari

KAMPAR, Pesisirnews.com - Salah satu rangkaian proses Penyusunan Dokumen Perencanaan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 adalah Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah (PD). Untuk itu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar menggelar Forum Perangkat Daerah Tahun 2021 untuk penyusunan RKPD Tahun 2022.

Forum PD ini digelar selama tiga hari, Senin-Rabu, 08-10 Maret 2021 bertempat di kantor Bappeda Kabupaten Kampar. Forum PD ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kampar, Ir. H. Azwan, M.Si di aula Bappeda Kabupaten Kampar, Senin (08/3/2021).

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas PUPR Afdal, ST, MT, selaku Koordinator Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Zulia Dharma selaku Koordinator Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam, Kepala Dinas Kesehatan Dedi Sambudi, SKM, M.Kes, selaku Koordiantor Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Kepala Dinas, Badan, Kantor dilingkup Pemerintah Kabupaten Kampar, Sekretaris Bappeda Kabupaten Kampar M. Fadli Mukhtar, M.Sc, Kepala Bidang beserta Kasubbid dan Kasubbag di lingkup Bappeda Kabupaten Kampar, Camat se-Kabupaten Kampar dan undangan lainnya.

Disampaikan Kepala Bappeda Kampar Azwan bahwa tujuan dari pelaksanaan Forum PD ini diantaranya adalah, untuk penyelarasan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah berdasarkan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan.

Kemudian untuk penajaman indikator dan target kinerja program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah. Penyelarasan program dan kegiatan antar OPD dalam rangka sinergi pelaksanaan dan optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing Perangkat Daerah.

Dijelaskan Azwan bahwa Tema RKPD Tahun 2022 sesuai dengan RPJMD Kabupaten Kampar adalah “Memperkuat Efisiensi Pembangunan dan Produktivitas Masyarakat Yang Berbasis Kepada Keunggulan Kompetitif dan Komperatif.

Sedangkan Prioritas Tahun 2022 adalah Peningkatan kualitas hidup dan kapasitas sumber daya manusia; Pembangunan ekonomi kreatif berbasis potensi unggulan daerah; Peningkatan infrastruktur dan daya dukung lingkungan hidup; dan Peningkatan pelayanan publik dan kehidupan sosial yang agamis dan berbudaya.

Pada kesempatan tersebut Azwan juga menjelaskan secara gamblang tentang tahapan perencanaan pembangunan Kabupaten Kampar, capaian indikator makro tahun 2016-2020, permasalahan dan isu strategis Kabupaten Kampar, target indikator makro tahun 2022, arah kebijakan tahun 2022 dan tahapan forum PD.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan pembahasan masing masing bidang. Untuk Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan bertempat di ruang Satu Data Bappeda Kabupaten Kampar, Forum PD Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam dilaksanakan di Studio Bappeda lantai II dan Forum PD Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia bertempat di aula Bappeda Kabupaten Kampar. Pembahasan masing-masing bidang dipimpin oleh Koordinator Bidang. (rls/wan)

Penulis: Irwan Nur

Editor: Anjar