Daerah

Berkat Aspirasi Ketua DPRD Rohil, Kelompok Tani Dapat Bantuan

Admin Admin
Berkat Aspirasi Ketua DPRD Rohil, Kelompok Tani Dapat Bantuan
Photo : Istimewa
BAGAN BATU


Pesisirnews.com - Belasan kelompok Tani Holtikultura dari 4 kecamatan mendapatkan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Bantuan itu merupakan aspirasi masyarakat yang dibawa oleh ketua DPRD Rohil, Maston berkoordinasi anggota DPR RI Fraksi PDI-P, Ir Efendi Sianipar.

Penyerahan bantuan itu dilaksanakan secara simbolis di kantor UPTD Pertanian dan Peternakan Kecamatan Bagan Sinembah DKPP Rohil, Jln Lintas Riau-Sumut KM 09 Kepenghuluan Gelora Kecamatan Bagan Sinembah, Kamis (08/07/2021) sekira pukul 16.00 wib petang.

Penyerahan bantuan berupa Benih Cabe, Mulsa dan Pupuk Cair itu diserahkan oleh Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Rohil, Novri Hendra Gunawan didampingi Ketua DPRD Rohil Maston.

Disela-sela kegiatan itu, Novri Hendra Gunawan menyampaikan penyerahan bantuan kepada kelompok tani itu kepada 11 kelompok tani Holtikultura khusus Cabe dan 8 kelompok tani khusus bawang.

"Untuk hari ini khusus kelompok tani Cabe, untuk bawang menyusul di bulan Agustus," terang Novri.

11 kelompok tani Holtikultura cabe itu, lanjut Novri dari 4 kecamatan yakni Kecamatan Bagan Sinembah, Bagan Sinembah Raya (Basira), Balai Jaya dan Simpang Kanan dibawah binaan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari UPTD Pertanian dan Peternakan Kecamatan Bagan Sinembah.

Novri berharap, bantuan itu dapat bermanfaat bagi para petani agar dapat mengembangkan penanaman holtikultura khususnya cabe dan bawang.

"Mudah-mudahan dengan bantuan ini, para petani bisa mengembangkan pertanian dan mempunyai pasar yang luas. Diharapkan kedepannya ada kampung cabe dan kampung bawang. Yang mana akhirnya bisa meningkatkan pendapatan petani itu sendiri, terlebih dimasa pandemi covid-19 seperti ini," tandasnya.

Senada dengan itu, ketua DPRD Rohil, Maston berharap bantuan pemerintah itu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para petani yang tergabung dalam kelompok tani untuk meningkatkan penghasilan.

"Terlebih dimasa pandemi covid-19 ini, apalagi modal untuk peralatan seperti Mulsa, pupuk dan benih yang dipasaran harganya cukup tinggi, dengan bantuan ini sedikit berkurang beban modal awal," ungkapnya.

Kehadirannya dalam penyerahan bantuan itu, lanjut Maston, adalah salah satu aspirasi masyarakat petani yang ia bawa ke DKPP karena sulitnya ekonomi masyarakat dimasa pandemi sehingga masyarakat perlu mendapat bantuan.

"Dimasa pandemi ini, pemerintah juga berupaya maksimal dalam menjaga ketahanan pangan, terlebih tanaman holtikultura," pungkasnya.

"Mudah-mudahan bantuan seperti ini terus berlanjut ditahun-tahun mendatang, sehingga petani dalam menjaga ketahanan pangan, dapat meningkatkan kesejahteraan ekonominya," harapnya.

Maston menambahkan, bantuan pertanian itu juga dibagikan untuk petani itu tidak hanya di 4 kecamatan tersebut di atas melainkan di wilayah Kecamatan Tanah Putih dan Bangko.

Salah satu petani dari Kepenghuluan Bagan Sinembah Barat Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Deni mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui PPL DKPP yang senantiasa melakukan pendampingan terhadap petani.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada ketua DPRD Rohil, Maston dan anggota DPR RI Fraksi PDI-P, Ir Efendi Sianipar yang telah membawa aspirasi masyarakat petani khususnya dari Kecamatan Bagan Sinembah Raya.

Halaman :
Penulis: Rilis/BudiMan

Editor: Admin