Daerah

Bupati HM. Wardan Buka Pelaksanaan Baksos IBI Inhil

Anjar Anjar
Bupati HM. Wardan Buka Pelaksanaan Baksos IBI Inhil

TEMBILAHAN (Pesisirnews.com) - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs. HM Wardan, MP di dampingi Ketua TP PKK Kabupaten Inhil Hj. Zulaikhah Wardan dan unsur Forkopimda hadiri secara langsung pada pelaksanaan bakti sosial (Baksos) yang dilaksanakan oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Inhil, bertempat di lapangan gajah Mada Tembilahan, Senin (28/11/2022).

Kegiatan ini diisi dengan pelaksanaan donor darah, pemberian tablet vitamin bagi wanita pranikah, pengecekan berat badan dan lainnya bagi balita, ibu hamil serta remaja putri.

Berdasarkan laporan Ketua IBI Inhil, Salmariantity, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional, dan merupakan bentuk kepedulian dari bidan yang tergabung di dalam Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Inhil terhadap kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini diawali dengan Penandatanganan Deklarasi Bunda Asuh bagi anak stunting oleh ketua IBI Inhil dan Bupati Inhil, yang diikuti penyerahan bingkisan kepada anak stunting, batita, ibu hamil dan penerima lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Inhil HM. Wardan sangat mengapresiasi kegiatan bakti sosial yang terlaksana hari ini. Dia juga mengungkapkan bahwa peran bidan sangat penting dalam upaya penanggulangan stunting.

"Bidan selain bertugas membantu ibu hamil melahirkan, mereka juga berkewajiban menjamin anak tersebut tumbuh dengan sehat dengan pemberian vitamin, imunisasi sampai penimbangan berat badan untuk mengetahui tumbuh kembang anak," ungkap Bupati Inhil.

Upaya menekan angka stunting memang merupakan salah satu fokus penting bagi Pemkab Inhil dengan membentuk gerakan satu hati (GSH), dan kini dilengkapi lagi dengan orangtua asuh.

"Dengan dibentuknya orangtua asuh ini tentu akan menambah kekuatan kita dalam menekan angka stunting di Inhil, saya sangat mengapresiasi hal ini dan ayo kita bersatu bergerak bersama tangani kasus stunting di Inhil," ujarnya.

Selanjutnya Bupati Inhil yang di dampingi Ketua TP PKK Kabupaten Inhil Hj. Zulaikhah Wardan dan Ketua IBI Inhil serta tamu undangan lainnya melaksanakan pelepasan balon tanda dibukanya kegiatan bakti sosial tersebut.

Acara diakhiri dengan peninjauan stand kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh IBI Inhil dan diikuti masyarakat. (PNC/rls)

Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f