Daerah

Bupati Inhil Audiensi dengan Bappenas RI Bahas Usulan Pembangunan Bersama 2 Provinsi dan 3 Kabupaten


Bupati Inhil Audiensi dengan Bappenas RI Bahas Usulan Pembangunan Bersama 2 Provinsi dan 3 Kabupaten

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Guna mewujudkan pembangunan infrastruktur penghubung daerah perbatasan yang bersinergi dan berkelanjutan, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Pemkab Inhil, Provinsi Riau) bersama Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur (Provinsi Jambi) menggelar audiensi ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI.

Audiensi dan sinkronisasi usulan pembangunan bersama antara dua provinsi dan tiga kabupaten ini digelar di ruang rapat Kalimantan Gedung Bappenas Rasuna Said (Ext Wisma Bakri 2), Lantai 10, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Hadir pada acara audiensi tersebut Bupati Indragiri Hilir Drs. HM. Wardan, MP, Sekretaris Daerah (Sekda) Indragiri Hilir Drs. H. Afrizal, Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur H. Robby Nahliyansyah, S.H. beserta Rombongan, Kepala Dinas PU-PR Tanjung Jabung Barat Apri Dasman, S,ST, MT, beserta rombongan, serta jajaran kepala OPD Pemkab Inhil, Pemkab Tanjabbar dan Pemkab Tanjabtim.

Dalam pertemuan tersebut rombangan di terima langsung oleh Staf Ahli Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Erwin Dimas SE., DEA.,M.Si.

Adapun tujuan kerjasama ini adalah untuk mengoptimalkan potensi sumber daya yang efektif dan efisien guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan infrastruktur pendidikan, kesehatan, pertanian dan perkebunan disekitar wilayah perbatasan, sehingga meningkatkan perekonomian ketiga kabupaten dan terbukanya akses pariwisata.

Mewakili Kabupaten Inhil, Bupati HM. Wardan dalam paparan dan eksposnya menyampaikan beberapa usulan, diantaranya peningkatan jalan, yaitu ruas jalan Tembilaha- Enok, ruas jalan Enok - batas Jambi, pembangunan jembatan Sungai Gangsal, lanjutan pembangunan jembatan Sungai Enok, pembangunan dermaga miring dan roro di Sungai Indragiri.

Ditambahkan Bupati HM Wardan, banyak manfaat ketika konektivitas pembangunan ini bisa dilaksanakan. Karena pembangunan jalan ini tentu berefek pada mempercepat proses pengiriman komoditi barang, khususnya hasil laut dan komoditi perkebunan di masing-masing daerah.

"Semoga dengan adanya audensi ini diharapkan apa yang menjadi usulan kita dapat terealisasi, sehingga apa yang menjadi tujuan kita di dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi masyarakat di wilayah tiga kabupaten yang berbatasan langsung,” ucap HM. Wardan.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Erwin Dimas, SE., DEA.,M.Si, menyampaikan dirinya sangat menyambut baik adanya audiensi pembangunan konektivitas antara Kabupaten Inhil (Provinsi Riau) dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat serta Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Provinsi Jambi).

“Diharapkan nantinya pembangunan konektivitas ini segera terealisasi agar memperlancar arus transportasi dan meningkatkan pendistribusian barang serta jasa di masing-masing daerah,” ujar Erwin Dimas. (PNC/rls)

Penulis:

Editor: Anjar