Daerah

Bupati Inhil HM. Wardan Melantik dan Meresmikan 65 Orang Anggota BPD Kecamatan Kemuning


Bupati Inhil HM. Wardan Melantik  dan Meresmikan 65 Orang Anggota BPD Kecamatan Kemuning

BATU AMPAR, Pesisirnews.com - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan merupakan lembaga baru di desa pada era otonomi daerah. BPD di Indonesia merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan dapat dianggap sebagai "Parlemen"-nya desa.

Hal tersebut di sampaikan Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs. HM. Wardan MP saat peresmian serta Pengambilan Sumpah Janji Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Kemuning masa bakti 2021-2027.

Acara tersebut di gelar di lapangan sepak bola Bukit Berbunga Desa Batu Ampar Kecamatan Kemuning, Selasa (2/11/2021).

Adapun 65 orang anggota BPD yang baru diresmikan tersebut mewakili dari 10 desa se-Kecamatan Kemuning, diantaranya Desa Air Balui, Desa Kemuning Muda, Desa Talang Jangkang, Desa Sekara, Desa Batu Ampar, Desa Limau Manis, Desa Lubuk Besar, Desa Tuk Jimun, Desa Kemuning Tua dan Desa Keritang.

Lebih lanjut Bupati Indragiri Hilir Drs. HM Wardan MP dalam sambutannya mengatakan: “BPD merupakan wakil dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat. Anggota BPD terdiri dari Ketua Rukun Warga, pemangku adat, golongan profesi, pemuka agama dan tokoh atau pemuka masyarakat lainnya. Masa jabatan anggota BPD adalah 6 tahun dan dapat diangkat/diusulkan kembali untuk 1 kali masa jabatan berikutnya.”

“Susunlah program pembangunan melalui perencanaan yang partisipatif dengan tetap mengedepankan aspirasi dan kebutuhan masyarakat mengingat kemajuan desa akan terlihat dari sejauh mana kebutuhan dan pelayanan masyarakat dapat dilakukan secara baik,” pesan Bupati.

"BPD harus menjadi pilar utama dan jembatan koordinasi kerja Pemerintah Desa dan masyarakat. Segera tanamkan semangat dan tekad dimana keberadaan BPD dapat membantu menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi," ujar Bupati Wardan.

Turut hadir mendampingi Bupati, Kadis PMD, Kepala Bappeda, Kadis PU-PR, Kaban Kesbangpol, Sekretaris Dinas Sosial, Sekretaris PMD, Camat Kemuning, Forkompicam, Kepala Desa se-Kecamatan Kemuning, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta para undangan lainnya. (PNC/Prokopim Inhil)

Penulis:

Editor: Anjar