Daerah

Bupati Inhil Presentasikan 8 Inovasi Unggulan Kabupaten Inhil pada Penilaian IGA Award 2021

Anjar Anjar
Bupati Inhil Presentasikan 8 Inovasi Unggulan Kabupaten Inhil pada Penilaian IGA Award 2021

TEMBILAHAN, Pesisirnews.com - Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) pada tahun 2021 ini menjadi nominator ajang Innovation Government Award (IGA) yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Bupati Drs. HM. Wardan berkesempatan memberikan pemaparan tentang berbagai inovasi yang dilakukan oleh daerah di hadapan dewan penilai, Selasa (23/11), di Aula Rapat Kantor Bappeda Tembilahan.

Diantara 68 karya Inovasi yang diikutkan, ada delapan (8) inovasi yang menjadi unggulan yang diajukan oleh Kabupaten Indragiri Hilir pada presentasi ini.

Paparan oleh Bupati HM. Wardan dilakukan secara virtual di hadapan dewan penilai yang berasal dari unsur Kemendagri, Kementerian Keuangan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Kementerian Riset dan Teknologi, Bappenas, LAN, dan LIPI.

Dalam pemaparannya, Bupati HM. Wardan mengatakan, Kabupaten Indragiri Hilir merupakan daerah pasang surut yang berada disekitar aliran sungai, jarak antara desa, kecamatan dan ke Ibu Kota kabupaten yang cukup jauh dan terpisah oleh sungai serta pulau-pulau sehingga masih banyak daerah yang hanya bisa ditempuh dengan transportasi air.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, sebagian besar wilayah kabupaten Indragiri Hilir merupakan kabupaten dataran rendah dengan tanah gambut, dengan luas lahan gambut 1.181.332 hektar, memiliki potensi kerawanan terbesar kebakaran hutan dan lahan gambut, sehingga perlu dilakukan upaya yang inovatif untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran.

"Untuk memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan dari karakteristik tersebut, pemerintah kabupaten Indragiri Hilir membuat terobosan-terobosan yang inofatif dalam meningkatkan kesejahtraan dan ketentraman masyarakat, peningkatan efesiensi dan efektifitas pelayanan publik, pemerataan pembangunan serta pengembangan potensi daerah dan peningkatan pendapatan daerah,” ujar HM. Wardan.

Bupati HM. Wardan kemudian memaparkan sejumlah Inovasi yang dilakukan Pemkab Inhil. Misalnya, dibidang pelayanan publik, Inhil telah mengembangkan Nasi Uduk Inhil (Sederhana Sekali Urus Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Indragiri Hilir).

"Sejak januari 2020, pengurusan administrasi kependudukan cukup dilakukan dikantor desa dan kelurahan, segala persyaratan akan dikirim oleh operator desa/kelurahan ke operator disdukcapil di Tembilahan dengan memanfaatkan layanan Whatsapp nasi uduk Inhil,” jelas Bupati.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar