Daerah

Bupati Instruksi Disparporabud Inhil Jadikan Festival Menongkah Desa Bekawan Event Kabupaten

Anjar Anjar
Bupati Instruksi Disparporabud Inhil Jadikan Festival Menongkah Desa Bekawan Event Kabupaten

MANDAH (Pesisirnews.com) - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs. HM. Wardan, MP didampingi ketua TP-PKK Inhil Hj. Zulaikhah Wardan menghadiri sekaligus membuka secara resmi Festival Menongkah, yang bertempat di Desa Bekawan Kecamatan Mandah, Jumat (23/9/2022).

Pembukaan Festival Menongkah yang di selenggarakan oleh Pemerintah Desa Bekawan bersama Bangun Desa Payung Negeri (BDPN) Inhil ini dalam rangka memperingati Hari Ozon sedunia. Acara ini juga di sejalankan dengan kegiatan aksi menanam 1.000 bibit mangrove dan penyerahan bantuan 200 papan tongkah untuk nelayan.

Bupati Inhil dalam sambutannya mengatakan, menongkah kerang merupakan tradisi leluhur masyarakat Suku Duanu yang juga dikenal sebagai Suku Orang Laut, yang pernah berjaya di masa lalu dan dicatat dalam sejarah dunia serta terus menunjukan eksistensinya di tengah masyarakat.

Dikatakan HM.Wardan, Pemkab Inhil melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga dan Kebudayaan terus memberikan perhatian pada kebudayaan Menongkah ini.

Melihat Potensi Alam serta antusias masyarakat dalam Festival Menongkah ini, melalui dinas Pariwisata dan kebudayaan, saya harapkan event ini bisa dimasukkan di dalam kalender event tahunan Kabupaten Inhil,” ujarnya.

“Tadi kita juga telah melihat bersama tarian Mut Tiangan (Menangkap Kerang) yang ditampilakan, untuk itu saya juga berharap tarian ini menjadi tarian daerah Kabupaten Inhil,” tambahnya.

Festival Menongkah sudah dua kali mendapat rekor Museum Rekor Indonesia (Muri), yaitu pada 2008 untuk rekor peserta menongkah terbanyak dan pada 2016 rekor mandi di atas papan tongkah terbanyak.

"Kita terus berupaya menjadikan festival menongkah sebagai salah satu wisata budaya yang menarik wisatawan luar, sehingga nantinya mampu mengangkat sektor pariwisata di Indragiri Hilir,” pungkasnya. (PNC/rls)

Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f