Daerah

Bupati Kampar Berharap Pancasila Menjadi Sendi Seluruh Kehidupan Masyarakat

Anjar Anjar
Bupati Kampar Berharap Pancasila Menjadi Sendi Seluruh Kehidupan Masyarakat

BANGKINANG, Pesisirnews.com - Dalam menghindari hal-hal yang tidak diinginkan Negara Republik Indonesia, maka diharapkan sepenuhnya Pancasila bisa selalu hadir disendi kehidupan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan disampaikan Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto, SH yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri,M.Si usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 secara Virtual di ruang kerja Bupati Kampar, Rabu (1/6/2021).

Peringatan hari lahir Pancasila yang dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dilaksanakan di Gedung Pancasila Jakarta tersebut, diikuti juga oleh seluru Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia.

Sementara di kabupaten kampar yang diwakili Sekda kampar turut didampingi Forkopimda antara lain Pgs. Kasdim 0313/KPR Mayor Inf Gunawan), Polres Kampar diwakili Kompol Yulisman, Pasipers Yonif 132/BS Kapten Inf Robby Handoko.

Lebih lanjut Yusri mengharapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan Iagi. Yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan.

“Akan tetapi semua ini diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik kewargaan yang demokratis. Budaya politik yang dapat menumbuhkan dan merawat harapan, bukan politik yang menimbulkan ketakutan,” ujar Yusri.

Sementara itu Kepala Negara dalam amanantnya menegaskan, bahwa peringatan hari lahir Pancasila setiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai yang ada di dalamnya dengan mengutamakan dalam penerapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia berdiri, tantangan yang dihadapi Pancasila tidak ringan,” terang Jokowi dalam sambutannya dari Istana Kepresidenan, Bogor. (diskominfo mzk/wan)

Penulis: Irwan Nur

Editor: Anjar

loading...