Daerah

Bupati Kampar Terima Anggaran Pembangunan IPLT Senilai Rp 6,3 Miliar dari Kementerian PUPR

Anjar Anjar
Bupati Kampar Terima Anggaran Pembangunan IPLT Senilai Rp 6,3 Miliar dari Kementerian PUPR

BANGKINANG, Pesisirnews.com - Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH menerima sekaligus meresmikan Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) senilai Rp 6,3 miliar dari Kementerian PUPR RI melalui Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Riau.

Selain itu Bupati Kampar juga menerima pembangunan berupa 10 kegiatan sanitasi, 2 Sanimas. Pembangunan Sekolah 8 unit dan 11 Pamsimas di 11 Desa sasaran Pembangunan Infrastruktur Sarana Ekonomi Wilayah (PISEW) yang ada di 9 lokasi dan program Kotaku di 3 lokasi.

“Atas pembangunan yang telah dilakukan, kami atas nama masyarakat dan pemerintah Kabupaten Kampar mengucapkan ribuan terima kasih atas pembangunan IPLT serta pembangunan lainnya yang sangat menyentuh masyarakat kecil,” ucap Bupati.

Demikian disampaikan oleh Bupati Kampar saat menerima sekaligus meresmikan IPLT yang berlokasi di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) di Pasir Kelurahan Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang pada Senin, ((11/1/2021).

Kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan serah terima kegiatan dan pengguntingan pita oleh Bupati Kampar, Kepala BPPW Riau Ichsanul Ihsan, Anggota DPR-RI Syahrul Aidi Ma'azat dan Kepala OPD Kampar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar Aliman Makmur, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar Arizon SE, Kepala Dinas Pendidikan, olahraga dan Kepemudaan Kabupaten Kampar, M. Yasir serta mewakili OPD di Pemkab Kampar.

“Ucapan tak terhingga kami sampaikan kepada anggota DPR RI H. Syahrul Aidi Ma'azat, LC, MA, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Riau yang telah memberikan perhatian dalam pembangunan di Kabupaten Kampar,” tanggap Bupati Catur.

“Semoga pembangunan instalasi pengolahan Lumpur Tinja ( IPLT) kapasitas 10 Meter Kubik dapat kami manfaatkan semaksimal mungkin,” ujarnya lagi.

Begitu juga terhadap pembangunan Pamsimas, Sanimas, Pembangunan sekolah, program PISEW yang telah dilakukan oleh kementerian PUPR, Bupati Kampar mengucapkan terimakasih yang tak terhingga.

Dikesempatan itu Catur meminta agar kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk lebih giat dan seksama dalam meraih dana APBN.

“Jangan hanya menunggu, lakukan koordinasi dan komunikasi, karena banyak peluang yang dapat kita raih melalui dana APBN,” pintanya sungguh-sungguh.

Sementara itu Anggota DPR-RI Asal Kabupaten Kampar menyatakan siap untuk memperjuangkan pembangunan di Kabupaten Kampar, oleh sebab itu ia meminta kepada Kepala OPD melalui Bupati Kampar untuk sering dan serius dalam melihat peluang di APBN khususnya melalui 5 balai yang ada di Riau.

“Ini perlu komitmen kita bersama. Saya siap untuk melakukan pendampingan dan berjuang di tingkat kementerian, apalagi Kementerian PUPR ini merupakan mitra kerja di Komisi V DPR-RI,” kata Syahrul Aidi Ma'azat.

Sedangkan Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Kementerian PUPR Riau Ir. Ichwanul Ihsan menyatakan bahwa pembangunan IPLT dengan daya olah sebesar 10 Meter Kubik ini hendaknya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekaligus menjadi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kampar.

“Total Pembangunan IPLT ditambah dengan 1 unit mobil tinja ini sebesar Rp 6,3 miliar,” kata Ichwanul Ihsan yang turun dengan seluruh pejabat Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Riau tersebut.

Ia juga menyampaikan kepada Bupati Kampar bahwa banyak program yang ada di Kementerian PUPR, oleh sebab itu diminta agar dapat mengejar Anggaran di kementerian PUPR, apalagi secara teknis Pemerintah Kabupaten mengetahui data riil di Kabupaten.

Selain itu kata Ichwanul, untuk Riau total kegiatan sebesar Rp 39,97 Milyar. Oleh sebab itu untuk Kabupaten Kampar sendiri masih sedikit program yang tertampung bila dibandingkan kabupaten lain di Riau. (Diskominfo Kampar/wan)

Penulis: Irwan Nur

Editor: Anjar

loading...