Daerah

Concong Jadi Kecamatan ke-19 Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting


Concong Jadi Kecamatan ke-19 Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting

CONCONG (Pesisirnews.com) - Bupati Indragiri Hilir Inhil) HM. Wardan yang di dampingi Ketua TP PKK Inhil sekaligus sebagai Bunda Asuh Stunting Hj. Zulaikhah, membuka pelatihan pencegahan dan penanggulangan stunting di Aula Kantor Kecamatan Concong, Jumat (30/12/2022).

“Masalah stunting merupakan masalah nasional Bangsa Indonesia saat ini. Masih tingginya angka stunting termasuk di Kabupaten Indragiri Hilir, memerlukan penanganan secara masivve dan terstruktur. Hal ini sangat penting, karena stunting akan berakibat pada menurunnya kualitas SDM generasi penerus bangsa kita," ungkap HM. Wardan saat menyampaikan kata sambutannya.

Kecamatan Concong sendiri merupakan kecamatan ke-19 yang mengadakan Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting dan secara langsung dibuka oleh Bupati Inhil HM. Wardan..

Diharapkan melalui pelatihan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang stunting serta bagaimana upaya yang harus dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi stunting.

“Masih banyak yang salah kaprah tentang stunting, karena hanya melihat pertumbuhan fisiknya, untuk itu pengetahuan dan keterampilan para kader perlu ditingkatkan,” ujar HM. Wardan.

Kegiatan ini juga bertujuan agar setiap kader memiliki kompetensi dan meningkatkan kualitas diri dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab, serta memperkuat komitmen pemerintah daerah Kabupaten Indragiri Hilir untuk melakukan upaya konvergensi percepatan penurunan stunting di Inhil.

“Saya berharap kepada kader posyandu di desa/kelurahan, dapat bekerjasama dengan pihak terkait lainnya untuk mendata by name by address bayi dan balita yang berpotensi stunting,” ujar HM. Wardan.

Pelatihan pencegahan dan penanggulangan stunting menghadirkan narasumber Bunda Asuh Stunting Indragiri Hilir Hj. Zulaikhah Wardan, Dinas Kesehatan dan Dinas PMD, serta diikuti oleh peserta para Ketua TP PKK desa dan para kader posyandu se-Kecamatan Concong. (PNC)

Penulis:

Editor: Anjar