Daerah

Dalam Rangka HUT PGRI 350 Guru di Rupat Gelar Kegiatan Bakti Sosial Bersih Pantai Ketapang

Anjar Anjar
Dalam Rangka HUT PGRI 350 Guru di Rupat Gelar Kegiatan Bakti Sosial Bersih Pantai Ketapang
loading...

RUPAT, Pesisirnews.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) 350 guru SD, SMP/MTs, SMA dan SMk serta Pengurus PGRI cabang Rupat melakukan Aksi Bersih Peduli Pantai Ketapang bersama masyrakat tempat. Kegiatan Aksi Bersih Pantai dengan tema “Aksi Peduli Lingkungan Menuju Indonesia Maju” ini dilaksanakan di pesisir pantai Desa Sungai cingam, Sabtu (14/11/2020).

Kegiatan ini dilatarbelakangi karena melihat pesisir pantai ketapang di sekitaran yang masih banyak ditemukan sampah sehingga dapat mengganggu keseimbangan ekosistem pantai dan laut, seperti yang disampaikan ketua PGRi kec Rupat Drs Syahril.

"Kita melaksanakan kerja bakti bersama membersihkan sampah di pantai dalam rangka HUT PGRI ," kata Drs Syahrill kepada wartawan Dumai pos.

Drs Syahril menambahkan, bersih-bersih sampah di pantai ini dilatarbelakangi banyaknya sampah yang ada di laut dan pantainya. Apalagi Pantai ketapang memiliki pantai yang panjang. Padahal banyak aktivitas masyarakat yang dilaksanakan di laut.

"Akhir-akhir ini kita lihat sudah banyak sampah di laut, makanya kita mengajak masyarakat sama-sama bersih-bersih pantai," jelasnya.

Kepala SMK N 1 Rupat .Drs Syahril juga mengajak masyarakat Rupat membersihkan pantai dan peduli dengan kebersihan pantai dan laut. Karena dengan pantai yang bersih seluruh masyarakat pasti akan merasa nyaman dan senang. Dalam jangka panjang, kalau pantai dan lautnya bersih, kata dia, generasi yang akan datang pasti akan lebih baik.

Aksi bersih sampah ini dilakukan dengan menyusuri pantai Ketapang sejauh kurang lebih 500 meter. Selain di pantai, aksi bersih sampah juga dilakukan di laut dengan menggunakan perahu nelayan. Dari kegiatan itu, berhasil dikumpulkan kurang lebih dua truk sampah yang didominasi sampah plastik.

"Didominasi sampah plastik seperti sedotan, kantong plastik, dan plastik bekas minuman," bebernya.

Kepala Desa Sungai cingam .Jamil s.pd saat dihubungi Dumai pos mengatakan bahwa masyarakat sebenarnya peduli terhadap kondisi sampah di pantai sekitar, namun karena ketika sampah telah dibersihkan ternyata masih ada sampah hasil hanyutan dari laut membuat masyarakat kewalahan dalam membersihkan pantai.

Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap masyarakat di pesisir pantai sekeliling Ketapang tidak lagi membuang sampah ke pantai dan laut. Usai kegiatan tersebut Pengurus cabang PGRi kec Rupat menyumbang 10 buah tong sampah ke pengelolah Bumdes pantai ketapang (Budi)

Penulis: Budi Haryanto

Editor: Anjar