Daerah

Dandim 0314/Inhil: Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Miliki Arti Penting Bagi Kesatuan Bangsa

Anjar Anjar
Dandim 0314/Inhil: Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Miliki Arti Penting Bagi Kesatuan Bangsa

TEMBILAHAN (Pesisirnews.com) - Jajaran Kodim 0314/Inhil melaksanakan upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, bertempat di Lapangan Ucapara Makodim 0314/Inhil, Jalan A Yani, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Jumat (28/10/2022) pagi.

Bertindak selaku Inspektur upacara (Irup) Komandan Kodim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S.E,M.Tr (Han) dan selaku Komandan upacara Pasi Intel Kodim 0314/Inhil Lettu Inf Delmy Armansyah dan Perwira Upacara Pasi Pers Letda Arh Muhazar.

Dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda ini juga dilaksanakan Pembacaan UUD 1945, Pembacaan Sumpah Pemuda yang dibacakan oleh prajurit pilihan Kodim 0314/Inhil dan juga dilaksanakan pengibaran bendera Merah Putih di lapangan upacara.

Dalam amanatnya Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S.E,M.Tr(Han) membacakan langsung amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang digelar di lapangan apel Makodim 0314/Inhil.

"Pada hari ini 28 Oktober 2022 kita bersama memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 94 dengan tema "Bersatu bangun bangsa". Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar. Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial suku agama ras dan kultur," ujar Dandim Letkol Arh M Nahruddin Roshid.

Dandim juga mengungkapkan peran serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan bukan sebagai faktor yang melemahkan sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia dan peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

Menurutnya, peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah bersatu bangun bangsa memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikeluarkan untuk membangun ketangguhan dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.

"Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka berdaulat bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah,” imbuhnya.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f