Daerah

Dandim 0314/Inhil Pimpin Rapat Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam

Anjar Anjar
Dandim 0314/Inhil Pimpin Rapat Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam



TEMBILAHAN (Pesisirnews.com) - Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S.E.,M. Tr. (Han)memimpin rapat pelaksanaan kegiatan pelatihan penanggulangan bencana alam (Gulbencal) di ruang data Makodim 0314/Inhil, Rabu (2/11/2022).

Rapat tersebut di hadiri oleh Pasi Ops Kodim 0314/Inhil Kapten Arh Agus Purwanto, Danramil Batang Tuaka Kapten Inf Tarmizi, Danramil 05 Gaung Anak Serka Lettu Czi Slamet Hirohito dan seluruh Humas perusahaan yang ada di Inhil.

"Rapat ini membahas persiapan tahap-tahap pelaksanaan pelatihan penanggulangan bencana alam dan teknis teknis di lapangan nantinya," ujar Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S.E.,M. Tr.(Han).

Dikatakan Dandim, kegiatan tersebut nantinya bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan teritorial dalam merencanakan, mempersiapkan, dan melaksanakan tugas membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana alam.

"Dalam menghadapi karhutla kita dituntut harus siap siaga mempersiapkan diri agar tidak terlena jika suatu saat bencana melanda, untuk itu nantinya akan ada simulasi penanggulangan bencana," katanya.

Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S.E.,M. Tr.(Han) mengharapkan kepada semua pihak untuk ikut berkontribusi bersama sama menanggulangi bencana alam karena bencana alam merupakan tanggung jawab bersama.

"Saya berharap dengan dilaksanakannya pelatihan nantinya kita bisa memahami prosedur penanggulangan bencana alam dan mampu melaksanakan perencanaan operasi penanggulangan bencana alam serta mampu berkoordinasi dengan instansi terkait dalam mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam menghadapi bencana alam,” ujarnya.

Senada dengan itu, Danramil 12 Batang Tuaka, Kapten inf Tarmizi mengatakan pelatihan penanggulangan akan di ikuti oleh Tim PRCPB Denma Rem 031/WB,Tim PRCPB Kodim 0301/Pbr, Tim PRCPB Kodim 0302/Inhu, Tim PRCPB Kodim 0303/Bkls, Tim PRCPB Kodim 0313/Kpr, Tim PRCPB Kodim 0314/Inhil, Tim PRCPB Kodim 0320/Dumai, Tim PRCPB 0321/Rohil, dan Tim PRCPB yonif 132/BS serta ditambah dari petugas pemadam kebakaran di tiap-tiap perusahaan.

"Bencana Karhutla merupakan suatu masalah bagi bangsa karena asap yang ditimbulkan mengakibatkan berbagai masalah kemanusiaan seperti ganguan kesehatan dan kerusakan hutan serta terganggunya terganggunya hubungan bilateral dengan negara tetangga. Semogadengan pelatihan bersama nantinya kita mampu menanggulangi bencana alam yang ada di wilyah kita," ujarnya.

Sebagai informasi, Kodim 0314/Inhil akan melaksanakan latihan penanggulangan bencana alam karhutla di kompleks PT Sinar Mas Desa Bagan Jaya Kecamatan Enok yang berlangsung selama lima hari mulai dari tanggal 21-25 November mendatang. (PNC/rls)

Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f