Daerah

Dinsos Inhil Komit Cegah Penyebaran Frambusia pada Masyarakat

Anjar Anjar
Dinsos Inhil Komit Cegah Penyebaran Frambusia pada Masyarakat

TEMBILAHAN, Pesisirnews.com - Ada dua hal yang penting dalam pengendalian atau penanggulangan riwayat frambusia yaitu dengan konsisten melakukan edukasi dan sosialisasi serta perlindungan jaminan sosial.

Ini ditegaskan Kepala Dinas Sosial Inhil H Arifin SSos MM saat memberikan materi di acara Evaluasi Daerah Endemis/Riwayat Frambusia (Survey Serologi Frambusia) yang ditaja Dinas Kesehatan, Jumat (3/9/2021), yang diikuti pihak Puskesmas se-Inhil.

Penyakit Frambusia adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri treponema pertenue, merupakan masalah utama kesehatan masyarakat di Indonesia, dan penyakit menular yang tidak mengenal batas-batas daerah administratif.

Sehingga program eradikasi (bebas) penyakit menular, memerlukan kerjasama sinergi dengan pemerintahan antar lini sektor terkait. Penyakit Frambusia yang merupakan penyakit menular, ditularkan melalui kontak langsung dari cairan luka penderita ke luka terbuka orang sehat. Dalam penyampaiannya, Kadis Sosial H Arifin menjelaskan dua hal penting yakni Edukasi dan sosialisasi serta perlindungan jaminan sosial.

Halaman :
Penulis: Popi Andriko

Editor: Anjar