Daerah

Ditengah Suhu Panas, Danramil 05/ Rupat Tetap Semangat Padamkan Sisa-sisa Karhutla

Anjar Anjar
Ditengah Suhu Panas, Danramil 05/ Rupat Tetap Semangat Padamkan Sisa-sisa Karhutla

Kapten Inf  Sagino pimpin langsung pendinginan Karhutla di  Kampung Delik, Kelurahan Tanjung kapal Kecamatan Rupat, Senin (31/08/2020). Kredit Foto: Dok./Pesisirnews.com

RUPAT, Pesisirnews.com - Tak peduli keringat membanjiri tubuhnya dan suhu panas menyengat kulitnya, namun Danramil 05/Rupat, Kapten Inf Sagino tetap semangat memadamkan sisa-sisa api dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kapten Inf Sagino memang kerap ikut serta dalam pelaksanaan pemadaman maupun pendinginan secara langsung di kawasan lahan yang terbakar, meski dia bisa mengutus anak buahnya.

Seperti pendinginan di areal bekas kebakaran yang berada di Kampung Delik, Kelurahan Tanjung kapal Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Senin (31/08/2020), Kapten Inf Sagino terlibat langsung memimpin Satgas terpadu Karhutla di kecamatan tersebut.

Dia dengan cermat menyiram sumber asap hingga asap yang keluar dari dalam tanah gambut betul-betul padam karena api tidak dapat terlihat secara nyata dari atas.

Upaya pendinginan dan penyiraman sisa-sia asap ini merupakan upaya terakhir dalam proses pemadaman, sehingga jika asap sudah habis, maka sudah bisa dipastikan tak akan ada lagi api baru yang akan muncul.

Danramil 05/Rupat, selalu memonitor setiap desa dari dua kecamatan di bawah teritorinya dari bahaya kebakaran. Beliau pun aktif memotivasi Babinsanya agar tetap semangat dalam melaksanakan sosialisasi dan pemadaman jika terjadi karhutla.

"Saya bangga melihat semua Babinsa saya selalu semangat dan berusaha maksimal dalam menjalankan tugasnya dalam sosialisasi dan penanganan Karhutla di wilayah Koramil Rupat,” ujar Kapten inf Sagino. (Budi)

Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...