Daerah

Erfan Rusdiana, Warga Kecamatan Banjar Berhasil Menjadi Nominator Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

Anjar Anjar
Erfan Rusdiana, Warga Kecamatan Banjar Berhasil Menjadi Nominator Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

BANJAR, Pesisirnews.com - Erfan Rusdiana berhasil menjadi nominator Pemuda Pelopor dalam Penilaian Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional pada Bidang Agama - Sosial Budaya dengan Inovasi Pengembangan Alat Musik Kolotik.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Erfan pemuda Balokang kecamatan Banjar yang berinovasi dengan alat musik Kolotik, terinspirasi dari Kolotok yang biasanya digantung di leher Sapi atau Kerbau. Dan dikembangkannya menjadi alat musik Pentatonis Sunda.

Itulah yang menjadi salah satu daya tarik dari Kolotik sehingga mengantarkan Erfan menjadi nominator pemuda pelopor tingkat nasional, seperti yang disampaikan oleh Nia Suryana Tim Penilai Tingkat Nasional dari Kemenpora, saat hadir dalam penilaian pemuda pelopor tingkat nasional di Yayasan Gilang Sunda Nagari (YGSN) di Balokang Kota Banjar, Rabu (6/10/2021).

“Ketika saya mengamati dan mendengarkan dari penjelasan Kang Erfan dan Tim pendukung, kolotik ini hal yang baru, ada inovasinya. Lewat tangan Kang Erfan, kolotik yang tadinya hanya dijadikan souvenir bisa menjadi alat musik. Dengan proses penciptaan nada yang luar biasa susah, jadi ini sesuatu yang sangat luar biasa, kolotik bisa menjadi alat musik danbisa dinikmati bersama, walaupun menurut Kang Erfan masih dalam proses penyempurnaan.” ucapnya.

Menurut Tim Penilai, untuk penentuan pemenang sendiri di pusat akan melakukan rapat pleno, dimana ada 24 Provinsi yang mengirimkan wakil untuk seleksi Pemuda Pelopor.

Dan nantinya yang lolos akan dipanggil unggul grand final di hadapan Dewan Juri di Jakarta.

Untuk grand final diharapkan selesai di pertengahan Oktober, karena di akhir bulan Oktober yang kami sebut sebagai Bulan Pemuda, dan di akhir bulan Oktober tersebut ada penghargaan untuk pemuda yang berprestasi, salah satunya kepada Pemuda Pelopor,” jelas Nia.

Sementara itu Walikota Banjar Ade Yu Sukaesih yang hadir dalam acara penilaian Pemuda Pelopor tersebut, dengan penuh semangat berharap Erfan dengan ide membuat kolotik menjadi alat musik bisa menjadi juara di tingkat nasional.

Mudah-mudahan bisa menjadi juara. Ini pertama sekali, menciptakan kolotik menjadi alat musik, dengan idenya membuat nada yang luar biasa,” ucapnya singkat. (Lies)

Penulis: Lies

Penulis: Anjar

Editor: Anjar