Daerah

Hj. Zulaikhah Wardan Resmi Dilantik Sebagai Ketua SOIna Inhil Periode 2021-2025

Anjar Anjar
Hj. Zulaikhah Wardan Resmi Dilantik Sebagai Ketua SOIna Inhil Periode 2021-2025

TEMBILAHAN (Pesisirnews.com) - Hj. Zulaikhah Wardan resmi dilantik dan dikukuhkan menjabat sebagai Ketua Special Olympics Indonesia (SOIna) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) masa bakti 2021-2025, yang dilantik secara langsung oleh Ketua Pengurus SOIna Provinsi Riau Hj. Novilia, bertempat di Gedung Engku Kelana Tembilahan, Selasa (31/5/2022).

Dalam kata sambutannya Hj. Zulaikhah mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ketua Pengurus SOIna Provinsi Riau, yang juga sekaligus melantik kepengurusan SOIna Kabupaten Inhil.

Special Olympics Indonesia atau SOIna adalah satu-satunya organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga Tunagrahita (sebutan bagi orang-orang dengan kemampuan intelektual dan kognitif yang berada di bawah rata-rata dibandingkan orang pada umumnya) di Indonesia.

“Kita juga berharap anak disabilitas dapat meraih prestasi khususnya di cabang olahraga. Mudah-mudahan kita bisa mengangkat para atlet di Kabupaten Inhil agar bisa lebih berprestasi lagi, baik di tingkat provinsi, nasional bahkan di tingkat internasional kedepannya," ucap Hj. Zulaikhah yang juga merupakan Ketua TP PKK Inhil.

Hj. Zulaikhah yang akrab disapa Ibu Ika ini juga menyampaikan, untuk membangun organisasi SOIna ini merupakan sebuah tantangan yang cukup besar.

“Untuk itu perlu adanya sinergitas setiap elemen maupun OPD terkait yang terlibat di sini untuk bisa menjadi jembatan bagi anak-anak disabilitas yang ada di Kabupaten Inhil dalam meraih prestasi,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Inhil HM. Wardan mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus SOIna Kabupaten Inhil. Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus SOIna yang dilakukan ini merupakan sejarah ataupun tonggak untuk kembang dan majunya SOIna di Kabupaten Inhil.

"Pemerintah Kabupaten Inhil siap mendukung dan mensupport kegiatan SOIna Inhil, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa membina dan memperhatikan anak-anak disabilitas intelektual ini,” ucap Bupati Inhil HM. Wardan.

”Banyak hal menarik dalam organisasi SOIna ini, pertama adalah kita harus mengubah persepsi yang selama ini keliru dimasyarakat, alangkah baiknya mari kita dukung supaya bisa menjadikan anak yang berprestasi. Maka dari itu, mari kita beri ruang supaya mereka berkarya seperti kegiatan olahraga dan kegiatan lainnya, baik tingkat nasional maupun internasional,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Inhil HM. Wardan juga mengharapkan kepada pengurus SOIna Inhil yang baru saja dilantik untuk dapat memahami tugas pokok dan fungsinya, melakukan rapat kerja, pembekalan, membuat program yang dapat menyentuh dan memperhatikan anak-anak disabilitas serta yang tak kalah penting yaitu melakukan pendataan sampai ke tingkat desa. (PNC/Pop)

Penulis: Popi Andriko

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f