Daerah

HM Wardan Hadiri Simulasi Pelaksanaan Evaluasi RB dan SAKIP

pesisirnews.com pesisirnews.com
HM Wardan Hadiri Simulasi Pelaksanaan Evaluasi RB dan SAKIP

Tembilahan,PESISIRNEWS.COM - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Drs HM Wardan MP menghadiri simulasi Pelaksanaan Evaluasi RB dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Aula Bappeda Kabupaten Inhil, Jum'at (2/10/2020).

SAKIP merupakan sistem integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran, dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Tujuan simulasi ini digelar ialah untuk menilik kesiapan masing-masing OPD dalam menyampaikan materi, karena pada tanggal 6 Oktober mendatang akan dilakukan Video Conference (Vidcon) dengan pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Sebagaimana diketahui, SAKIP Kabupaten Inhil pada tahun lalu dinilai rendah, yaitu CC. Oleh sebab itu, Bupati berharap agar setiap OPD memahami dan menguasai materi saat Vidcon dengan pihak KemenPAN-RB, sehingga pada tahun 2021, nilai SAKIP Kabupaten Inhil meningkat menjadi B.

Adapun OPD yang melakukan simulasi pemaparan pada kesempatan itu ialah Badan Perencanaan Pembangunna Daerah (Bappeda), Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Dinas Pendidikan, serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagtri).

Usai presentasi tersebut, Bupati memberikan beberapa saran kepada OPD terkait, salah satunya agar OPD-OPD yang melakukan pemaparan untuk menyesuaikan dengan SOP, dan lebih menyempurnakan penyampaian materi.


Penulis: pesisirnews.com

loading...