Daerah

Kampanye Melalui Rentak Rebana Sejumlah Grup Rebana Siap Menangkan KBS

Anjar Anjar
Kampanye Melalui Rentak Rebana Sejumlah Grup Rebana Siap Menangkan KBS

Sejumlah grup rebana di Bengkalis siap menangkan KBS. Foto: Dok.

loading...

BENGKALIS,Pesisirnews.com - Sejumlah group rebana dari sejumlah desa di Kecamatan Bengkalis, bertekad bersama-sama memenangkan pasangan nomor urut 3, Kasmarni-Bagus Santoso. Hal itu disampaikan saat mereka menghadiri kampanye pasangan nomor urut 3, H Bagus Santoso yang dikemas dalam bentuk permainan atau tabuhan rebana, “Rentak Rebana KBS Pemimpin Bijaksana”, Senin (2/11) di Desa Sungai Alam.

Bagi mereka, H Bagus Santoso bukanlah sosok yang asing. Mantan Wakil Ketua DPRD Bengkalis tersebut sampai saat ini masih tercatat sebagai Ketua Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Kabupaten Bengkalis.

“Kami mau Lasqi kembali digaungkan dan disemarakkan melalui even-even atau festival seperti tahun-tahun lalu. Untuk itu, kami percaya pak H Bagus Santoso mampu mengembalikan kejayaan Lasqi di Kabupaten Bengkalis,” ujar Ida salah seorang pemain rebana sekaligus pelatih senior di Desa Sungai Alam,

Dalam orasi politiknya, Bagus mengakui banyak agenda dan permintaan digelarnya festival rebana gagal digelar, karena persoalan pandemic Covid-19. Namun hal itu tidak tertutup kemungkinan bakal digelar bilamana corona benar-benar raib di bumi Indonesia.

“Kak Ida beberapa kali menyampaikan kepada saya, mas kapan kita buat festival seperti beberapa tahun lalu di Gedung Che Puan dengan menghadirkan puluhan group rebana. Saya katakana bahwa untuk saat sekarang hal itu tidak bisa dilakukan karena corona, insyaallah jika kondisi negeri kita sudah bersih dari Corona, maka festival rebana akan kita gelar,” sebut Bagus Santoso.

Dikatakan, seni rebana sesuai misi KBS, merupakan penguatan nilai-nilai agama dan budaya menuju tata kelola pemerintahan yang baik dan masyarakat yang berkarakter,” Insya Allah pengembangan nilai-nilai budaya dan keharmonisan hubungan antar masyarakat, akan terbangun dengan baik melalui rentak rebana ini,” imbuh Bagus.

Dengan sinergi bersama lembaga penggiat seni, budaya, lembaga adat, pendidikan tinggi kata Bagus, maka akan tertata dengan baik, terlebih jika masuk dalam pengembangan kurikulum lokal di sekolah-sekolah.

“Mari bersama, bersatu tekad dan semangat untuk memenangkan KBS menjadi pemimpin Negeri Junjungan yang kita cintai. Bersama KBS, seni rebana akan bertambah maju dan Berjaya,”pintanya.

Selain Bagus Santoso, turut hadir Ketua Tim Koalisi KBS, Inskandar SH, anggota DPRD dari Partai Demokrat, dr Moris, tokoh masyarakat Kuala Alam, Sufyan, sejumlah ketua relawan dan undangan lainnya. (Budi)

Penulis: Budi Haryanto

Editor: Anjar