Daerah

Kapolda Riau Pimpin Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning 2021

Anjar Anjar
Kapolda Riau Pimpin Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning 2021

PEKANBARU, Pesisirnews.com - Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Effendi memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning - 2021 dilapangan Mapolda pada Senin (15/11/2021).

Operasi yang melibatkan 840 personel ini digelar secara serentak mulai hari ini dan akan berlangsung selama 14 hari (15 Nop - 28 Nop). Opersai ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

Polda Riau akan mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas guna memutus penyebaran Covid-19.

“Gelar pasukan ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Polda Riau dalam pelaksanaan kegiatan Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 dengan tujuan agar berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan,” ujar Kapolda dalam amanatnya.

Menurut Agung, mengatasi permasalahan bidang lalu lintas, pihaknya tidak bisa berdiam diri, melainkan dituntut untuk bertindak dan melakukan berbagai upaya dalam menciptakan pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara kamseltibcarlantas.

“Perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi kamseltibcar lantas dengan memberdayakan seluruh stake holder, supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dalam menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas, di mana saat ini kita sedang menghadapi pandemi Covid-19, sehingga sangat diperlukan peran serta stake holders dalam menciptakan kamseltibcarlantas dimasa pandemi Covid-19,” paparnya.

Dikatakannya, hal tersebut sejalan dengan tema operasi zebra lancang kuning 2021 yaitu: “Melalui Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 Kita Tingkatkan Disiplin Protokol Kesehatan dan Tertib Berlalu Lintas Dalam Rangka Mencegah Penyebaran Covid Virus Disease (Covid-19) serta Mewujudkan Kamseltibcarlantas yang Mantap Menjelang Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022”, dan diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah (stake holder) termasuk unsur TNI.

Irjen Agung memberikan penekanan kepada seluruh jajarannya untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

“Tunjukkan bahwa saudara adalah polisi lalu lintas profesional, kenali psikologis masyarakat dan lakukan penegakan hukum dengan memberikan edukasi dan penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya berlalu lintas di jalan,” ujarnya.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar