Daerah

Ke Depannya Terminal Bus Type A Kota Banjar Akan Rasa Bandara

Anjar Anjar
Ke Depannya Terminal Bus Type A Kota Banjar Akan Rasa Bandara

BANJAR, Pesisirnews.com - Pembangunan revitalisasi Terminal Bus Type A di Kota Banjar yang berkonsep megah seperti fasilitas bandara, sudah dimulai pengerjaannya di bulan Januari kemarin, dengan diawali pembangunan gedung kantor, dilanjut ke infrastruktur yang lain, misalnya pembangunan untuk jalur pemberangkatan kendaraan.

Pembangunan Revitalisasi Terminal Bus Type A ini direncanakan dengan anggaran 50 Milyar rupiah. Pelaksanaan revitalisasi tersebut disampaikan Kepala Terminal Bus Tipe A Kota Banjar Suryanto.

“Rencana pembangunan terminal type A di Kota Banjar ini di bangun seperti bandara, jadi terminal rasa bandara. Dan saat ini kita mulai dari pembangunan gedung kantor terminal. Selanjutnya untuk tahap kedua seperti infrastruktur misalnya jalan pemberangkatan. Di mana nantinya ada fasilitas seperti di bandara.Akses ke terminal cuma ada 2 pintu, pintu masuk dan pintu keluar saja, " paparnya saat ditemui di kantornya Kamis ( 4/2/2021).

“Nantinya kendaraan yang masuk ke terminal hanya kendaraan yang betul-betul laik jalan, baik secara fisik juga administrasinya. Makanya nanti kita akan bikin seperti tol gate di pintu masuk, nantinya kendaraan yang tidak laik jalan sudah tersensor di pintu tersebut,” tambahnya.

Disinggung perihal angkutan umum yang sekarang banyak ngetem atau mangkal di seputar terminal, yang otomatis setelah beroperasinya Terminal Bus Type A rasa bandara tersebut, angkot -angkot tersebut tidak bisa mangkal atau terminal tersebut.

“Sebetulnya untuk terminal type A ini ada di bawah naungan Kementerian Perhubungan, sementara angkot di bawah naungan Pemerintahan Daerah/Kota. Jadi Pemkot Banjar harus membangun sendiri Terminal Type C untuk angkot-angkot tersebut. Tapi kami berharap kalau Terminal Type C nantinya tidak jauh dengan Terminal Type A,” katanya.

Revitalisasi terminal type A kota Banjar yang berkonsep seperti bandara, menimbulkan pro dan kontra dari para sopir angkutan yang selama ini ngetem di seputar terminal Banjar.

Dilihat dari konsep terminal type A yang nantinya tidak diperbolehkannya angkutan umum tersebut ngetem di terminal tersebut.

Hal tersebut diutarakan salah seorang supir angkot jurusan Banjar - Banjarsari Rojikin Prasetyo, yang ingin diperhatikan untuk kedepannya penempatan tempat untuk ngetem.

"Saya sebetulnya setuju dengan pembangunan terminal type A ini, tapi mohon juga kepada Ibu Walikota untuk memperhatikan nasib kami ke depannya. Harus ada shelter lagi semisalnya terminal type C,” ujar Rojikin.

Sementara itu Agus yang juga sopir angkutan Banjarsari-Banjar, mengatakan dia dan teman-temannya menginginkan pihak Dishub harus menyiapkan tempat untuk terminal angkot yang dekat dengan terminal type A.

“Mau tidak mau pihak Dishub harus menyiapkan tempat untuk terminal angkot, karena sangat penting juga untuk memudahkan calon penumpang yang akan berangkat ke terminal type A. Dan sampai saat ini kami sebagai supir hanya menunggu kebijakan dari pihak Dishub. Dan kami berharap tempat buat kami nanti tidak jauh dari terminal type A,” tuturnya.

Seperti yang diketahui tujuan dari Revitalisasi Terminal Bus Kota Banjar tersebut akan menjadi penghubung lintas provinsi antar kota/kabupaten. Serta menjadi perlintasan para wisatawan yang akan menuju ke tempat wisata Pangandaran.

Penulis: Nier

Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f
loading...
loading...