Daerah

Ketua TP PKK Inhil Buka Pelatihan Bimtek Tertib Administrasi Tajaan TP PKK Kecamatan Batang Tuaka

Anjar Anjar
Ketua TP PKK Inhil Buka Pelatihan Bimtek Tertib Administrasi Tajaan TP PKK Kecamatan Batang Tuaka

TEMBILAHAN (Pesisirnews.com) - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Administrasi, TP PKK Kec.Batang Tuaka melaksanakan pelatihan Administrasi PKK yang dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Hj.Zulaikhah Wardan, Senin (26/9/2022) di salah satu Hotel di Tembilahan.

Turut hadir Camat Batang Tuaka Rahelmi, S.Pd, M.Si, Ketua TP PKK Kecamatan Batang Tuaka, Forkopincam, Ketua DMIJ Plus Terintegrasi, Dinas PMD, Kepala UPT Kesehatan Sungai Piring dan Sungai Raya, Kepala Desa se-Kecamatan Batang Tuaka, serta para peserta Bimtek Administrasi PKK se-Kecamatan Batang Tuaka.

Pelatihan Administrasi PKK yang dilaksanakan dari tanggal 26-27 September 2022 dengan peserta sebanyak 130 orang.

Pelatihan ditandai dengan pemasangan tanda peserta oleh Ketua TP PKK Inhil Hj. Zulaikhah Wardan kepada tiga orang perwakilan peserta.

Hj. Zulaikhah Wardan, S. Sos, M.E dalam sambutannya mengatakan, bahwa PKK mempunyai 10 program pokok yang dalam pelaksanaan kegiatannya di kelompokkan menjadi 4 pokja, yaitu pokja 1 meliputi Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, gotong royong,

Pokja 2 meliputi pendidikan dan keterampilan, pengembangan kehidupan berkoperasi, pokja 3 meliputi pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pokja 4 meliputi kesehatan, kelestarian lingkungan hidup, perencanaan sehat.

Kemudian program prioritas per pokja sesuai hasil Rakernas IX PKK tahun 2021 yakni :

1. Pokja 1 Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digita (PAAREDI)

2. Pokja 2 Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (PELANGI)

3. Pokja 3 Gerakan Amalkan dan kukuhkan Halaman Asri Indah dan Nyaman (AKU HATINYA PKK)

4. Pokja 4 Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana yang Terwujud melalui Pilot Projek.

Lebih Ketua TPP PKK menyampaikan dan yang tidak kalah penting, adalah TP PKK Kecamatan sampai ke desa dan kelurahan harus tertib administrasi, hal ini bukan hanya sekedar tugas akan tetapi dapat menjadi data pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan dalam membuat program kerja dengan malalui 9 buku PKK.

“Terakhir saya ingin berpesan, ayo kita aktifkan fungsi PKK dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga. Karena gerakan PKK pada hakikatnya merupakan gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah dengan prinsip kerja partisipatif,” pungkasnya. (PNC/rls)

Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f