Daerah

Ketua TP PKK Kab Inhil Hj Zulaikhah Wardan Hadir Arisan Penguyuban Klenting Kuning

pesisirnews.com pesisirnews.com
Ketua TP PKK Kab Inhil Hj Zulaikhah Wardan Hadir Arisan Penguyuban Klenting Kuning


Tembilahan,PESISIRNEWS.COM - Ketua TP-PKK Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Hj Zulaikhah Wardan SSos ME, menghadiri Yasinan dan Arisan rutin Paguyuban Klenting Kuning di Jalan Bersama, Gg Bambu Kuning, Selasa (11/8/2020) petang.


Dewi, selaku Ketua Paguyuban sekaligus tuan rumah menyampaikan sejarah singkat terbentuknya paguyuban ini.


Ia mengatakan pada mulanya, Klenting Kuning dibentuk oleh 9 orang, yang 80 persen terindah dari orang jawa. Seiring perjalanan waktu, sampai kini Klenting Kuning mempunyai 46 anggota dan sudah beberapa kali berganti ketua.


"Di awal kami cuma kelompok kecil yang anggotanya ibu rumah tangga, sekarang ada yang ASN, pekerja, yang jelas sudah beragam," ujarnya.


Untuk kegiatan pun, imbuhnya, sudah merambah kepada kegiatan sosial, di mana, dulu hanya meliputi Peringatan Hari Besar Islam.


Zulaikhah Wardan merasa bersyukur dapat hadir dalam acara tersebut. Sebagai orang jawa, dirinya menganggap bahwa sesama suku jawa adalah keluarga.


"Ini adalah keluarga, saya merasa seperti berada di tengah-tengah keluarga di Jepara. Saya bersyukur di Tembilahan ada Paguyuban Klenting Kuning yang mayoritas pengurusnya adalah orang jawa. Saya pikir ini adalah hal yang baik," urai Zulaikhah.


Zulaikhah bangga dengan orang jawa. Menurutnya, orang jawa bisa menyesuaikan diri di mana pun ia berada.


"Orang jawa ini memang sesuai dengan pribahasa Di Mana Bumi Dipijak di Situ Langit Dijunjung," tukasnya.


Wanita yang selalu tampak anggun bersahaja ini menyarankan agar paguyuban ini dapat membentuk koperasi, dan bagi yang memiliki keterampilan, bisa dikembangkan untuk menambah penghasilan.


Terkait pandemi corona, dirinya prihatin karena pasien terus bertambah. Ia mengingatkan agar para pengurus paguyuban ini memperhatikan himbauan pemerintah dan protokol kesehatan.


"Tidak lupa pula kita berdoa kepada Allah SWT. Mudah-mudahan segala upaya kita memutus mata rantai penyebaran virus ini, pandemi di negeri kita segera berakhir. Semalam ada Vidcon dengan Menteri Dalam Negeri, Kita diharapkan untuk menyosialisasikan pelaksanaan protokol kesehatan," terang Zulaikhah.

Penulis: pesisirnews.com

loading...