Daerah

Kodim 0314/Inhil dan FPK Kolaborasi Sosialisasikan Kampung Pancasila di Tempuling


Kodim 0314/Inhil dan FPK Kolaborasi Sosialisasikan Kampung Pancasila di Tempuling

TEMPULING, Pesisirnews.com - Kodim 0314/Inhil berkolaborasi dengan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dalam rangka meningkatkan masyarakat yang rukun, santun, berbudaya dan bergotong royong, menggelar Sosialisasi Kampung Pancasila, bertempat Kantor Camat Tempuling Jalan Syahdan, Kamis (24/3/2022).

Sosialisasi ini mengusung tema: "Melalui Kegiatan Pembauran Kebangsaan Kita Giatkan Kampung Pancasila Dalam Rangka Meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa.”

Hadir pada acara itu Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S.E,M.Tr(Han) yang diwakili Perwira Seksi Operasi Kapten Inf Tarmizi, Kaban Kesbangpol H Arifin Sos, Ketua bidang UMKM Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Riau Dr Machasin, Ketua FPK Inhil H Zaini Awang, Sekretaris Kesbangpol Inhil Marlis Syarif, FPK Tempuling H Baharudin dan anggota, Danramil 03 Tempuling Kapten Inf Riswanto, Kapolsek Tempuling AKP Subagja diwakili IPTU Gunawan, MUI Tempuling H. Kafrawi MA, muslimat NU, dan Badan Kontak Majlis Taklim Tempuling.

Dalam ambutannya Camat Tempuling H Junaidi S.sos M,Si. Mengucapkan selamat datang di Kecamatan Tempuling, di mana salah satu kelurahannya yakni Kelurahan Sungai Salak merupakan Kampung Pancasila mewakili Kecamatan Tempuling, dan satu satunya yang ada di Indragiri Hilir.

"Kami dari Forkopimcam Tempuling menyambut baik adanya kampung Pancasila di mana Tempuling merupakan pilot project untuk pembauran kebangsaan sebagai teladan bagi wilayah lainnya yang ada di Indragiri Hilir," ujarnya.

Begitu juga sambutan Bupati Indragiri Hilir yang diwakili Kaban Kesbangpol Inhil, H. Arifin mengatakan FPK adalah program pemersatuan bangsa yang terus berupaya membaurkan berbagai suku dan etnis untuk bersatu dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Dan Kampung Pancasila yang menjadi salah satu kampung berbasis Pancasila serentak di seluruh Indonesia menjadi cermin sikap Pancasila seutuhnya sehingga kehidupan bermasyarakat bisa tenang dan tentram. Dan bisa menjadi contoh bagi wilayah lainnya di Indonesia agar terus menjadi budaya serta inspirasi bagi kita semua," ujar Kaban Kesbangpol Inhil.

Dia juga berharap dengan FPK dan Kampung Pancasila bisa mencegah segala konflik dan menerima segala kemajemukan di dalam berbangsa dan bernegara.

"Semoga dengan adanya Kampung Pancasila yang ada di kelurahan Sungai Salak, dapat mencegah segala konflik dan terutama dapat menerima suku agama lainnya, sehingga dapat menjadi contoh di daerah lainnya di kabupaten Indragiri Hilir," pungkasnya.

Senada dengan itu, Perwira seksi Operasi Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Tarmizi memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara untuk peserta sosialisasi tentang Tugas Pokok TNI dalam UU TNI No 34 Tahun 2004 dan menjelaskan pengertian wawasan kebangsaan.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar