Daerah

Kodim 0314/lnhil Laksanakan Kegiatan Samapta periodik I


Kodim 0314/lnhil Laksanakan Kegiatan Samapta periodik I

TEMBILAHAN (Pesisirnews.com) - Guna memelihara kesehatan jasmani, dan mengukur kemampuan fisik masing-masing prajurit, Kodim 0314/lnhil melaksanakan Samapta periodik I bertempat di Stadion Sungai Beringin Jalan Baharudin Yusup Tembilahan, Selasa, (17/5/2022).

Dalam pelaksanaan kegiatan kesamaptaan tersebut, personel terlebih dahulu melaksanakan Apel pengecekan dipimpin oleh Pasi Pers Kodim 0314/lnhil Kapten Arh Sugiyono.

Setelah melaksanakan apel pengecekan dan kesiapan, masing masing prajurit di cek kesehatannya oleh tim kesehatan dari Poslkes 01 10.11 Tembilahan untuk mengetahui tensi darah dan riwayat penyakit.

Dandim 0314/lnhil Letkol Arh M Nahruddin Roshid, S.E.,M.Tr(Han) melalui Pasi Pers Kodim 0314/lnhil Kapten Arh Sugiyono mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan guna mengetahui kemampuan fisik masing-masing prajurit di bidang kesamaptaan jasmani yang meliputi samapta A dan samapta B.

"Samapta A yaitu lari selama 12 menit, full up, pus up, sit up, loungers dan shuttle run. Sedangkan samapta B yaitu renang dasar militer," ungkap pasi Pers Kapten Arh Sugiyono.

Mengingat tugas pokok yang tidak bisa di tinggalkan, pelaksanaan samapta periodik ini di bagi menjadi 2 gelombang yaitu gelombang 1 hari ini dan gelombang 2-nya akan dilaksanakan besok pagi.

Pasi Pers berharap seluruhnya dapat melaksanakan, karena samapta periodik ini akan di ambil nilai supaya masing masing personil tahu kemampuan fisiknya masing masing dan nilai ini menunjang untuk pengambilan nilai persyaratan Ujian Kenaikan Pangkat (UKP) serta bisa di gunakan sebagai data persyaratan untuk mengikuti kursus-kursus ataupun pendidikan.

Namun dikatakan pasi Pers Kapten Arh Sugiyono, bagi yang merasa memiliki riwayat penyakit dan merasa tidak sehat serta tensi darah yang tinggi, tidak perlu memaksakan diri.

"Masih ada samapta periodik lagi dilain kesempatan. Begitu juga yang merasa sehat, namun saat melaksanakan lari merasa pusing atau kunang-kunang segera menepi dan istirahat, nanti tim kesehatan yang akan menghampiri dan memeriksa. Pada intinya laksanakan kegiatan ini dengan semaksimal mungkin namun tetap mengedepankan faktor keamanan," ujarnya.

"Jangan pernah memaksakan diri karena merasa malu dan gengsi sama rekan-rekan yang lain hingga melupakan faktor keamanan dan keselamatan, yang tahu kondisi tubuh kita adalah diri kita sendiri, yang tahu kemampuan kita adalah diri kita sendiri. Ini semua demi kebaikan kita semua untuk menghindari terjadinya hal hal yang tidak kita inginkan," sambungnya.

Tapi yang merasa sehat, dan merasa mampu laksanakan kegiatan ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

Dalam kesempatan ini, Pajas korem 031/Wirabima Lettu Inf Oloan Aruan menyampaikan, kegiatan Samapta ini menjaga faktor keamanan dalam pelaksanaan kegiatan agar semuanya sehat. Di akhir kegiatan pun harus lebih sehat, oleh sebab itu laksanakan kegiatan ini sesuai kemampuan dan ikuti prosudur mulai dari awal hingga selesai kegiatan.

"Semoga pelaksanaan semapta pada pagi hari ini dapat berjalan aman,tertib dan lancar tanpa ada satupun masalah atau kendala," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam pelaksanaan samapta ini melibatkan unsur pengamanan dan pengawasan yang terdiri dari Unit lntel dan Provost di bawah pimpinan Pasi lntel Kodim 0314/lnhil Lettu lnf Delmy Armansyah. (PNC/rls)

Penulis:

Editor: Anjar